Amsterdam, Belanda (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dalam rangka roadshow B20 di Eropa mencari mitra potensial untuk pembukaan Indonesia Trading House di Belanda.

Delegasi KADIN Indonesia  pada Sabtu, berkunjung ke Four Trade B.V. di Amsterdam, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh diaspora Indonesia yang telah melakukan impor ratusan ton produk Indonesia ke Belanda.

“Salah satu kendala ekspor UMKM adalah aspek distribusi logistik. Makanya kami bertemu dengan Four Trade salah satu diaspora Indonesia yang sudah ada jaringan distribusi untuk produk-produk Indonesia di Belanda,” kata Ketua B20 Indonesia Shinta Kamdani kepada Antara di Amsterdam, Sabtu.

Shinta menuturkan KADIN memilih Belanda sebagai salah satu negara prioritas yang akan didirikan Indonesia Trading House (ITH) karena Belanda jumlah diaspora yang mencapai 1,7 juta. Selain itu, diaspora Indonesia juga ingin membantu untuk pengembangan produk-produk Tanah Air.

“Tadi kita set-up kerja sama antara KADIN, Four Trade dan diaspora Belanda yang ada organisasinya untuk bisa membantu kerja sama pendirian ITH di Belanda,” ujarnya.

Pada pertemuan tersebut CEO Four Trade B.V. Fahad Atamimi juga mengutarakan salah satu tantangan yang tengah dihadapi perusahaannya yakni volume produk yang masih sedikit. Oleh karena itu, ia meminta bantuan KADIN untuk mencarikan produk-produk potensial untuk diekspor termasuk importir yang bisa memenuhi kebutuhannya.

KADIN pun menyambut baik permintaan tersebut karena sejalan dengan salah satu tujuan dari roadshow B20 di Eropa yakni mengembangkan UMKM agar bisa menembus pasar ekspor.

“Itu kemitraan yang bermanfaat untuk kedua belah pihak karena Indonesia sendiri juga saat ini mau mengembangkan UMKM untuk bisa ekspor. Di sini KADIN bisa memfasilitasi lewat KADIN-KADIN daerah untuk bisa meng-kurasi produk yang siap ekspor,” jelasnya.

Kerja sama tersebut nantinya, lanjut Shinta, tentu akan mencakup berbagai hal seperti kerja sama dengan importir, warehouse hingga jaringan distribusinya.

Lebih lanjut Shinta menuturkan bahwa setelah pertemuan tersebut, pihak Four Trade B.V. dan tim ITH akan menindaklanjuti dengan menyepakati kesepakatan bilateral.

ITH direncanakan akan mulai beroperasi di Belanda bekerjasama dengan pembukaan warehouse Four Trade B.V. pada Desember 2022. Meski banyak tantangan dan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk terwujudnya hal tersebut, namun seluruh pihak sepakat untuk bekerjasama membantu dengan kapasitas masing-masing guna memajukan UKM Indonesia.

Berdirinya ITH di Belanda diharapkan menjadi sebuah inisiatif yang dapat mengkonsolidasikan seluruh diaspora yang ada di Belanda bersama membentuk Indonesia Incorporated sehingga branding Indonesia semakin kuat dan membuka peluang untuk perluasan market share.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022