Padang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Sumatera Barat mencatat 20 pohon tumbang di daerah itu akibat cuaca ekstrem yang melanda daerah setempat sejak Jumat malam.

Manajer Pusdalops PB BPBD Kota Padang, Basri di Padang, Sabtu, mengatakan sejak dari semalam BPBD sudah bersihkan sekitar 18 pohon tumbang di Padang.

"Total ada 20 titik pohon tumbang di Padang dan kita berupaya melakukan evakuasi," kata dia.

Pohon tumbang akibat hujan yang disertai angin kencang yang terjadi Jumat malam sampai Sabtu dini hari, menimpa rumah dan menutup akses jalan.

Baca juga: Pohon tumbang timpa rumah warga di Padang akibat angin kencang

Baca juga: BPBD Padang catat 16 lokasi pohon tumbang akibat cuaca buruk


"Sudah kita bersihkan mulai dari semalam sampai siang ini," kata dia.

Ia mengatakan sebaran titik pohon tumbang ada tiga titik di Kecamatan Kuranji, satu titik di Kecamatan Lubuk Begalung dan satu titik ada dua pohon tumbang di Kecamatan Lubuk Kilangan.

Sementara di Kecamatan Padang Utara ada satu pohon tumbang, satu pohon di Padang Barat serta tiga pohon tumbang di Kecamatan Padang Barat. Kemudian empat pohon tumbang di Kecamatan Koto Tangah.

"Kita memastikan agar evakuasi berjalan baik dan lancar baik yang menimpa rumah maupun menghambat akses jalan masyarakat agar dapat dilalui kembali," kata dia.*

Baca juga: Jalur Kelok 44 Agam Sumbar terputus akibat pohon tumbang

Baca juga: Jalan Matua-Padang Lua Agam tertutup pohon tumbang


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022