Mexico City (ANTARA News) - Meksiko mengirim 8.000 tentara tambahan ke daerah timur laut yang dilanda aksi kejahatan menyusul serangkaian pembunuhan berkaitan dengan narkoba pada hari libur, kata para pejabat seperti dikutip AFP.

Pasukan tambahan itu akan dikerahkan ke beberapa kota di sepanjang perbatasan dengan negara bagian Texas, Amerika Serikat serta bagian selatan negara bagian Tamaulipas di pantai Teluk timur laut, kata juru bicara militer Jose Juarez.

Setidaknya 11 orang tewas awal pekan ini akibat kekerasan menyangkut narkoba di Meksiko utara.  Tentara juga menemukan 13 mayat di satu truk di Tamaulipas.

Para penyelidik mengatakan pembunuhan-pembunuhan itu ada kaitannya dengan ditemukan 10 mayat di kota Tampico Alto, negara bagian Veracruz, dan serangan-serangan oleh kelompok orang bersenjata pekan lalu terhadap tiga bus yang menewaskan 16 orang.

Lebih dari 45.000 orang tewas akibat kekerasan sejak pemerintah melancarkan tindakan keras di seluruh negara itu terhadap kartel-kartel obat bius yang berpengaruh lima tahun lalu.(*)

H-RN/B002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011