Jakarta (ANTARA) - "Triangle of Sadness", sebuah film karya sutradara Swedia Ruben Ostlund, memenangkan Palme d'Or untuk Film Terbaik di Festival Film Cannes pada hari Sabtu (28/5) waktu setempat.

"Ketika kami mulai membuat film ini, saya pikir kami memiliki satu tujuan - untuk benar-benar mencoba membuat film yang menarik bagi penonton dan menghadirkan konten yang menggugah pikiran," kata Ostlund, dikutip dari Reuters, Minggu.

"Kami ingin menghibur mereka, kami ingin mereka bertanya pada diri sendiri, kami ingin mereka setelah pemutaran film keluar dan memiliki sesuatu untuk dibicarakan," tambahnya.

Menjelajahi gagasan tentang keindahan dan hak istimewa (privilese), film ini mengirimkan dua model dalam sebuah kapal pesiar mewah -- hanya untuk meninggalkan mereka terdampar di sebuah pulau terpencil dengan segelintir staf dan tamu miliarder. Petugas toilet terbukti memiliki keterampilan bertahan hidup terbaik dan struktur sosial terbalik.

Ostlund sebelumnya pernah memenangkan Palme d'Or pada tahun 2017 untuk filmnya "The Square", sebuah sindiran tentang seorang kurator seni bergengsi.

Festival ini menganugerahi dua film Grand Prix: "Close", sebuah film karya sutradara Belgia Lukas Dhont tentang persahabatan dan maskulinitas, dan "Stars at Noon," yang berlatar di Nikaragua modern, oleh pembuat film auteur Prancis Claire Denis.

Penghargaan juri juga diberikan kepada dua film, "The Eight Mountains" karya sutradara Belgia Felix Van Groeningen dan Charlotte Vandermeersch, serta "EO", karya sutradara Polandia Jerzy Skolimowski, yang diceritakan melalui mata keledai.

"Terima kasih, keledai saya," kata Skolimowski, dalam pidato penerimaannya.

Bintang Korea Selatan Song Kang-ho meraih penghargaan aktor terbaik untuk perannya dalam "Broker", sementara sutradara Korea Selatan Park Chan-wook memenangkan penghargaan sutradara terbaik untuk film thriller romantisnya "Decision to Leave."

Zar Amir Ebrahimi dari Iran, memenangkan aktris terbaik untuk perannya sebagai jurnalis yang melacak seorang pembunuh berantai di "Holy Spider."

"Mungkin kehadiran saya di sini malam ini hanyalah sebuah pesan -- terutama untuk wanita, wanita Iran," katanya pada konferensi pers langsung setelah upacara penghargaan.

Aktris Prancis Carole Bouquet mengumumkan kejutan hadiah ulang tahun ke-75 untuk menandai ulang tahun festival tersebut. Hadiah tersebut jatuh ke tangan sutradara Belgia Jean-Pierre Dardenne dan Luc Dardenne untuk "Tori and Lokita."

Baca juga: Penghargaan Palm Dog meriahkan perayaan Festival Film Cannes

Baca juga: Priscilla Presley menangis saat premier film "Elvis di Cannes

Baca juga: Raline Shah hadiri Festival Film Cannes 2022

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022