Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah berita-berita humaniora sepekan yang masih menarik untuk dibaca pagi ini, antara lain pertemuan Forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali, Buya Syafii Maarif meninggal dunia, dan hasil evaluasi mudik Lebaran dengan COVID-19 terkendali.

Kemudian, ada juga berita terkait kenaikan Isa Almasih, dan pencarian putra pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang dikabarkan hilang di Swiss.

Menko PMK: Pertemuan GPDRR diawali pembahasan pemulihan usai pandemi

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemulihan situasi usai pandemi COVID-19 menjadi topik pertama pembahasan dalam Forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali.

Kemenkes tunggu kajian WHO terkait hepatitis akut yang tulari anak

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan masih menunggu laporan beserta hasil kajian lebih lanjut dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) terkait penyebab sebenarnya penyakit hepatitis akut misterius yang terus menulari anak-anak.

Menko PMK bantah ada merek vaksin beredar tanpa persetujuan BPOM

Menteri Koordinator Pemberdayaan Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy membantah ada merek vaksin COVID-19 yang beredar tanpa izin terbit atau persetujuan dari BPOM.

Hasil evaluasi mudik Lebaran, COVID-19 terkendali

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan jumlah kasus COVID-19 terkendali berdasarkan hasil rapat evaluasi penanganan mudik Lebaran 2022.

Indonesia tawarkan empat konsep resiliensi berkelanjutan kebencanaan

Pemerintah Indonesia menawarkan kepada dunia empat konsep resiliensi berkelanjutan yang menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa menjadi solusi untuk menjawab tantangan risiko sistemik terhadap semua bentuk kebencanaan.

Menag ajak pererat kerukunan umat pada perayaan kenaikan Isa Almasih

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak masyarakat untuk mempererat kerukunan umat pada perayaan kenaikan Isa Almasih.

Buya Syafii Maarif meninggal dunia

Cendekiawan Muslim sekaligus mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr H. Ahmad Syafii Maarif atau yang biasa dikenal sebagai Buya Syafii Maarif telah berpulang di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta pada Jumat (27/5) pukul 10.15 WIB.

Putra pertama Ridwan Kamil dikabarkan hilang di Swiss

Putra pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Emmeril Khan Mumtadz atau biasa dipanggil Eril dikabarkan hilang saat sedang berenang di Sungai Aaree di Kota Bern, Swiss pada 26 Mei 2022.

BPOM luncurkan Zona Ramah Promosi Online

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah meluncurkan ZRPO untuk UMK obat tradisional dan suplemen kesehatan. Kepala BPOM Penny K. Lukito mengatakan hal itu bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan pelaku usaha dalam memenuhi ketentuan di bidang promosi obat tradisional dan suplemen kesehatan.

Indonesia arusutamakan agenda Bali untuk resiliensi di G20-ASEAN 2023

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan setelah acara Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ketujuh tahun 2022, Indonesia akan mengarusutamakan agenda Bali untuk resiliensi dalam pertemuan G20 dan ASEAN 2023.

Keluarga kabarkan kondisi Ridwan Kamil di Swiss baik

Pihak keluarga besar Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil yang diwakili adik kandung Elpi Nazmuzaman menuturkan kondisi orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat beserta istri yang saat ini berada di Swiss dalam kondisi baik-baik saja.

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022