UPT Tana Toraja bergerak bersama untuk melakukan pemindahan trase jalan
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui UPT pada Dinas PUTR Sulsel di Tana Toraja (Tator) melakukan penanganan darurat pada jalan longsor di Simbuang pada ruas Massupu-Batas Pinrang, Kabupaten Tana Toraja.

Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan jalan Simbuang yang berada di daerah pegunungan mengalami longsor. 

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam keterangannya di Makassar, Minggu, memastikan tim Dinas PUTR Sulsel menurunkan alat berat untuk melakukan penanganan darurat jalan ini.

“Update penanganan darurat jalan Simbuang Tana Toraja oleh PUTR Provinsi akibat bencana longsor yang terjadi. Tim UPT Tana Toraja bergerak bersama untuk melakukan pemindahan trase jalan hingga bisa fungsional,” katanya.

Tim Dinas PUTR Sulsel tengah melakukan  pemotongan atau galian pada tebing untuk membuka akses jalan, sehingga masyarakat segera bisa melintas.

Baca juga: Belasan rumah terdampak tanah longsor di Toraja
Baca juga: BNPB: Longsor di Tana Toraja sebabkan tiga orang meninggal
 
Alat berat diturunkan membersih kan sisa-sisa longsor di ruas Massupu - Batas Pinrang, Kabupaten Tana Toraja. ANTARA/HO-Pemprov Sulsel
 
Sementara itu Kabid Humas, Informasi dan Komunikasi Publik pada Diskominfo Sulsel, Sultan Rakib menyampaikan, penanganan jalan provinsi pada ruas Salaonro-Ulugalung di Kabupaten Wajo menjadi perhatian Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Ia pun mengatakan, penanganan rekonstruksi jalan pada ruas Salaonro-Ulugalung di Kabupaten Wajo bakal segera dimulai. Terkini, telah dilakukan penandatanganan kontrak.

"Telah berkontrak. Dalam waktu dekat dinas terkait akan melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan pekerjaan bersama tim ahli," jelasnya.

Jalan ini mempunyai LHR (Lalu Lintas Harian Rata-rata) tinggi sehingga menjadi fokus Gubernur tahun ini. Selain itu ruas ini menjadi jalur utama yang menghubungkan Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Wajo.

Baca juga: Kapolda Sulbar minta longsor di jalur Trans Sulawesi segera diperbaiki

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022