Jakarta (ANTARA) - Industri film Korea Selatan menambah koleksi kemenangan di kancah global lewat dua penghargaan di Festival Film Cannes. 

Park Chan-wook membawa pulang penghargaan sutradara terbaik untuk film "Decision To Leave", sementara Song Kang-ho yang dikenal lewat "Parasite" membawa pulang gelar aktor terbaik lewat "Broker".

Ini adalah kali pertama dua film Korea membawa pulang dua penghargaan di salah satu festival film paling terkemuka dunia.

Baca juga: Song Kang-ho terpilih jadi juri Festival Film Cannes 2021

Baca juga: Song Kang-ho hingga Lee Byung-hun akan ikut Festival Film Cannes

Dikutip dari Yonhap pada Minggu, Park Chan-wook adalah sutradara Korea Selatan kedua yang memenangi kategori tersebut, mengikuti jejak Im Kwon-taek untuk drama "Chihwaseon" pada 2002.

Dalam pidato penerimaan penghargaan, Park memuji industri film global yang bisa mengatasi pandemi COVID-19.

"Penggemar tidak lagi mengunjungi bioskop, itu itu adalah saat di mana kita menyadari nilai sinema," katanya. "Di saat kita berharap dan berusaha mengatasi pandemi ini, saya yakin kita akan terus mempertahankan bioskop dan sinema."

"Decision to Leave" dibintangi aktor China Tang Wei dan aktor Korea Park Hae-il, mengisahkan detektif yang mencurigai seorang janda di kasus pembunuhan dan kemudian jatuh cinta dengannya.

Bagi Song Kang-ho, ini adalah penghargaan pertama dari Cannes meski sebelumnya dia sudah membintangi film-film pemenang Cannes, termasuk "Parasite" (2019) dari Bong Joon-ho dan "Thirst" (2009) dari Park Chan-wook.

Song Kang-ho juga aktor Korea pertama yang membawa pulang penghargaan akting di Cannes. Jeon Do-yeon mendapatkan penghargaan aktris terbaik pada 2007 lewat "Secret Sunshine", film yang juga menampilkan Song Kang-ho.

"Saya bersyukur dan merasa terhormat. Terima kasih kepada sutradara Kore-eda, seorang seniman hebat," kata Song di panggung.

Sutradara Kore-eda sebelumnya memenangi Palme d'Or pada 2018 lewat kisah menyentuh tentang keluarga berjudul "Shoplifters".

"Broker", film berbahasa Korea pertama dari sutradara Jepang Hirokazu Kore-eda menggambarkan hubungan antara karakter yang terjalin dari kotak bayi, tempat orang bisa menaruh bayi yang tak bisa mereka besarkan secara anonim.

Song Kang-ho berperan sebagai orang yang menculik bayi terlantar dan menjualnya kepada pasangan yang menginginkan anak.

Memulai kariernya di panggung, Song mulai tampil di layar lebar pada 1996 lewat film debut Hong Sang-soo berjudul "The Day a Pig Fell into a Well".

Sejak saat itu, dia sudah tampil di lebih dari 30 film dan bekerja bersama sineas Korea Selatan top termasuk Park Chan-wook, Kang Je-gyu dan Lee Chang-dong, dikutip dari AFP.

Sementara itu, "Triangle of Sadness", karya sutradara Swedia Ruben Ostlund menjadi peraih Palme d'Or untuk Film Terbaik di Festival Film Cannes.

Baca juga: Hirokazu Kore-eda suguhkan drama perjalanan Korea lewat "Broker"

Baca juga: "Beban" Hirokazu Kore-eda sutradarai kumpulan aktor papan atas Korea

Baca juga: Song Kang Ho hingga Krystal akan tampil di film "Spiderweb"

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022