Jakarta (ANTARA) - Rasanya, tidak ada orang tua yang tidak menyayangi anaknya. Hal ini terbukti pada cinta dan kasih sayang mereka yang sudah kita terima, bahkan ketika kita baru menarik napas pertama di dunia ini. 

Rasa cinta dan kasih sayang tersebut juga pasti akan terus kita terima hingga maut memisahkan. Sebagai anak, tentu kita memiliki keinginan untuk membalas rasa cinta dan sayang yang diberikan orang tua pada kita, kan? Setidaknya, itu yang tertanam pada sanubari anak.

Namun pada kenyataannya, masih banyak dari kita yang kesulitan untuk menunjukkan rasa sayang tersebut. Paling umum, kita hanya bisa mengatakan bahwa kita sayang pada orang tua pada ucapan di momen-momen tertentu maupun status di media sosial. Padahal untuk menunjukkan rasa sayang pada orang tua itu tidak tertutup pada ucapan sayang ataupun pada status media sosial.

Menyambut Hari Lanjut Usia Nasional yang diperingati setiap tanggal 29 Mei, kira-kira apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan rasa sayang pada orang tua seperti dikutip dari siaran pers AyoBantu pada Minggu.

Baca juga: Ahli gizi ingatkan lansia cukup minum meski aktivitas fisik kurang

Baca juga: Anggota DPR sebut RUU Kesejahteraan Lansia atur perlindungan lansia


1. Patuh

Patuh, satu kata yang sederhana diucapkan, namun terkadang sulit untuk dilaksanakan. Pada dasarnya, orang tua pasti akan senang jika memiliki anak yang penurut.

Meski telah beranjak dewasa, seorang anak di mata orang tua tetaplah sosok yang perlu mendapatkan bimbingan melalui tutur ucapnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mematuhi perkataan orang tua.

Perlu diingat, orang tua akan selalu memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Jadi, tidak ada salahnya jika kita sebagai anak melakukan hal yang sama, bukan?

2. Tidak Memaksakan Kehendak Kepada Orang Tua

Selain menunjukkan kepatuhan, salah satu hal paling simpel yang dapat kamu lakukan untuk menunjukkan rasa sayang kepada orang tua adalah dengan cara tidak memberikan tekanan atas apa yang kamu inginkan.

Sederhananya, kamu tidak memaksakan keinginanmu pada orang tua, apalagi sampai merengek dan mengancam jika tidak dituruti yang justru akan menambah beban pikiran orang tua.

3. Tunjukkan Prestasi

Perlu digarisbawahi, prestasi yang dimaksud tidak terbatas pada prestasi akademik saja, melainkan dalam hal pencapaian lainnya. Misalnya saja, kamu juara kompetisi musik, game, lulus jadi PNS, atau naik jabatan di tempat kamu bekerja.

Dengan menunjukkan hal tersebut, orang tua akan merasa bangga dan berhasil mendidik anak-anaknya untuk menjadi orang yang sukses.

4. Berikan Hadiah

Memberikan hadiah pada orang tua secara tidak langsung berarti kamu sudah berterima kasih pada mereka atas kerja kerasnya untuk merawat kamu dari kecil hingga dewasa. Tidak perlu memberi hadiah mahal-mahal.

Hadiah kecil sekalipun yang diberikan pada mereka, terlebih pada hari spesial keduanya, sudah barang tentu akan membawa senyum bahagia bagi keduanya. Hal tersebut nampaknya cukup menggambarkan rasa sayangmu kepada orangtua kamu, bukan?

5. Selalu Membantu Orang Tua

Ingatlah ketika orang tua mendidik dan membesarkan kamu sampai sekarang ini. Memang, jasa orang tua tidak akan pernah tergantikan sampai kapan pun. Akan tetapi, tidak ada salahnya bagi seorang anak untuk siap membantu orang tua dan memberikan pertolongan terlebih di saat fisik mereka yang tidak lagi prima.

Seperti kampanye yang diluncurkan oleh platform donasi online, Ayobantu, yang membuat penggalangan dana bertajuk “Bangun Sumur Wakaf untuk Lansia”. Pembangunan sumur wakaf ini rencananya akan digunakan untuk kebutuhan pembangunan sumur bagi masyarakat di pelosok Solo. Banyak dari warga sekitar yang sudah terbilang lansia terpaksa berjalan jauh hanya untuk mengambil air bersih yang layak untuk digunakan dan diminum.

Sebagai platform donasi online, setiap calon donatur atau #TemanPeduli dapat mengakses website Ayobantu melalui mobile phone ataupun PC. Metode pembayaran yang tersedia juga beragam mulai dari bank transfer, dan e-wallet.

Demikian beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk menyampaikan kasih sayang kepada orang tua. Tentunya membahagiakan orang tua sudah menjadi kewajiban dan keharusan bagi setiap anak.

Baca juga: Mensos: Lansia tunggal terbanyak ditemukan di Tasikmalaya

Baca juga: Gaya hidup sehat dan pendekatan spiritual bisa bantu cegah demensia

Baca juga: Ahli gizi ingatkan agar lansia batasi asupan GGL

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022