Penempatan petugas keamanan adalah untuk mengantisipasi tindak kriminalitas seperti copet, maling, hipnotis dan penjahat kelamin yang mungkin terjadi pada perayaan malam pergantian tahun.
Bogor (ANTARA News) - Stasiun Besar Bogor akan menyiagakan petugas keamanan khusus yang akan siaga menjaga keamanan selama 24 jam pada saat malam Tahun Baru.

Wakil Kepala Stasiun Bogor, Enjang Syarief Budiman di Bogor, Sabtu mengatakan, petugas keamanan tersebut dikirim khusus dari PT KAI yang ditempatkan di tiap-tiap stasiun KRL Jabodetabek.

"Ada 17 petugas keamanan, 12 orang dari PT KAI, ditambah lima petugas dari Polsek setempat yang akan berjaga selama 24 jam di stasiun," kata Enjang.

Enjang mengatakan, penempatan petugas keamanan adalah untuk mengantisipasi tindak kriminalitas seperti copet, maling, hipnotis dan penjahat kelamin yang mungkin terjadi pada perayaan malam pergantian tahun.

Pada malam pergantian tahun ini, PT KAI mengadakan kereta tambahan untuk mengakomodir penumpang di malam pergantuan tahun. Karena diprediksikan pada malam pergantian tahun jumlah penumpang KRL dari Stasiun Bogor akan meningkat mencapai 36.000 orang.

"Ada satu kereta tambahan jenis Commuter Line (CL) yang akan dioperasikan untuk mengakomodir kebutuhan transportasi warga yang ingin merayakan tahun baru di Jakarta dan Bogor," kata Enjang.

Kereta tambahan itu, menerapkan pola melingkar (loop line) dan akan berhenti di setiap stasiun, yang melayani rute Bogor-Jakarta Kota.

Rangkaian kereta tambahan tersebut akan diberangkatkan dari stasiun Bogor pukul 22.00 WIB. Kereta akan kembali lagi berangkat dari Stasiun Kota pada pukul 00.50 WIB.

Menurut Enjang, penambahan kereta pada malam pergantian tahun sudah berlangsung setiap tahunnya. Selain untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam tersediannya transportasi umum juga untuk membantu mengurangi kemacetan jalan raya dari Bogor ke arah Jakarta.

(KR-LR)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011