Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Nadin Amizah menyuguhkan cerita mengenai rusa kecil yang diikuti sejumlah lagu-lagunya di atas panggung BNI Java Jazz Festival, panggung Hall B1 JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (29/5) malam.

Nadin menawarkan konsep pertunjukan yang berbeda jika dibandingkan dengan penampil lain di Java Jazz. Pada beberapa bagian menuju peralihan lagu, Nadin membacakan cerita tentang rusa kecil itu seperti layaknya mendongeng.

Sebelumnya, konsep pertunjukan bercerita itu juga pernah dihadirkan Nadin untuk konser tunggal virtualnya yang membawakan album “Selamat Ulang Tahun” pada November 2020.

​​Baca juga: Keras kepala adalah kunci sukses Nadin Amizah

“Perkenalkan, ini cerita tentang seorang rusa kecil. Kakinya mungil dan mudah besar. Tujuannya kecil untuk alam semesta. Tidak penting. Tapi di hatinya yang mungil akan selalu berkumandang, ini dia ceritaku mari selesaikan apa yang telah kita mulai,” tutur Nadin membacakan tulisan di sebuah buku coklat.
Penyanyi Nadin Amizah saat tampil di BNI Java Jazz Festival 2022 pada Minggu (29/5/2022) malam di panggung Hall B1 JIExpo Kemayoran, Jakarta. (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)


Di atas panggung, Nadin ditemani band musik pengiringnya. Penyanyi kelahiran Bandung itu tampak mengenakan gaun putih, bandana menyerupai bentuk tanduk di kepala, dan tanpa beralas kaki. Usai membacakan bagian pertama buku tersebut, ia pun menyanyikan “Taruh” sebagai lagu pembuka.

“Di perjalanan yang jauh, rusa kecil harus pandai berpegangan terkadang pada air sungai yang dingin dan deras, terkadang pada kucing yang ia temui di sore hari di taman, terkadang pada angin lebat yang membuatnya kagum,” ceritanya lagi dan dilanjutkan dengan lagu “Hormat Kepada Angin”.

Nadin menampilkan lagu-lagu dalam album “Selamat Ulang Tahun” untuk penampilannya di Java Jazz, seperti “Beranjak Dewasa”, “Kereta Ini Melaju Terlalu Cepat”, “Cermin”, “Bertaut”, “Sorak Sorai”. Selain itu, ia juga membawakan “Rumpang”, “Menangis di Jalan Pulang”, serta “Dan, selesai”.

Pada beberapa lagu, seperti “Bertaut”, para penonton ikut bersenandung. Area panggung Hall B1 itu nyaris penuh terisi oleh ribuan penonton. Sepanjang penampilannya, Nadin membawa suasana terasa intim dan takzim. Penonton pun ikut hanyut dalam atmosfer tersebut.

Ketika mengakhiri cerita rusa kecil, ia mengucapkan terima kasih kepada penonton yang sudah hadir. Namun, Nadin juga meminta maaf apabila pertunjukannya tampak membosankan atau tak semeriah yang diduga bagi sebagian orang.

“Cerita tentang rusa kecil sudah selesai. Terima kasih banyak teman-teman semua yang sudah hadir hari ini di Java Jazz. Aku minta maaf kalau misalnya membosankan,” ujarnya.

Baca juga: Nadin Amizah jadi co-sutradara video musik kolaborasi Iwan Fals

Baca juga: "kalah bertaruh", kisah lanjutan album perdana Nadin Amizah

Baca juga: Nadin Amizah berkisah lewat "Seperti Takdir Kita Yang Tulis"

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022