Jakarta (ANTARA) - Carlos Alcaraz mengalahkan Karen Khachanov dalam kemenangan 6-1 6-4 6-4, Minggu waktu setempat, untuk mencapai perempat final French Open dan memperpanjang rekor kemenangannya menjadi 14 pertandingan.

Petenis berusia 19 tahun itu menjadi petenis putra termuda dalam 29 tahun terakhir yang mencapai perempat final Grand Slam setelah juga mencapai delapan besar US Open.

"Ini adalah pertandingan yang hebat dari sisi saya. Saya bermain sangat baik dari awal hingga akhir pertandingan," kata Alcaraz dikutip dari Reuters.

Baca juga: Zverev atasi masalah konsentrasi untuk capai delapan besar French Open

"Saya tahu saya harus benar-benar fokus sejak awal."

"Saya mengharapkan level yang saya mainkan. Saya memulai dengan sangat baik dan saya mempertahankan level untuk seluruh pertandingan. Saya sangat senang dengan itu."

Alcaraz hanya membutuhkan waktu 29 menit untuk menguasai set pertama dengan kombinasi kekuatan mentahnya yang istimewa, pukulan drop shot yang cekatan yang membuat lawannya yang berusia 26 tahun itu terlihat tua.

Khachanov, petenis nomor 25 dunia dan perempat finalis di Paris pada 2019, berhasil mempertahankan servis di awal set kedua tetapi petenis Spanyol itu mematahkan servisnya pada kedudukan 3-3, dan tidak pernah menoleh ke belakang.

Baca juga: Djokovic rebut tiket perempat final Roland Garros dari Schwartzman

Keduanya bertukar break di pertengahan set ketiga tetapi Alcaraz unggul dengan break lainnya atas petenis Rusia itu.

Dia sedikit goyah di akhir, menyia-nyiakan lima match point pada servis Khachanov, tetapi itu hanya menunda satu gim yang tak terhindarkan, saat dia memastikan kemenangan pada servisnya beberapa menit kemudian.

Petenis peringkat enam dunia Alcaraz, yang kini memiliki rekor menang-kalah 19-1 di lapangan tanah liat musim ini setelah memenangi gelar berturut-turut di Barcelona dan Madrid pada April dan Mei, selanjutnya akan menghadapi unggulan ketiga Alexander Zverev, yang mengalahkan petenis kualifikasi Bernabe Zapata Miralles dalam set langsung.

"Sasha (Zverev) memainkan permainan yang hebat. Dia sangat agresif dan itu akan menjadi pertandingan yang sulit," kata Alcaraz.

"Lima pemain terbaik melawannya akan sulit. Dia telah mengalahkan pemain hebat di Grand Slam."

"Saya suka bermain keras, permainan sulit sehingga akan menjadi pertandingan yang bagus."

Baca juga: Medvedev dan Tsitsipas melenggang ke babak 16 besar French Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022