Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI  Ma'ruf Amin selaku Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), memimpin Rapat Pleno kedua KNEKS di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin.

Dalam sambutannya, Wapres menyampaikan bahwa Rapat Pleno KNEKS kali ini untuk mengevaluasi tindak lanjut arahan pada Rapat Pleno pertama KNEKS, 30 November 2021.

"Kemarin (Rapat Pleno pertama) saya memberikan arahan agar Program KNEKS dirumuskan lebih konkret, lebih terukur, agar kerja KNKES 'netes'. Hari ini kita akan mengevaluasi tindak lanjut arahan tersebut," ujar Wapres di Jakarta, Senin.

Rapat Pleno kedua ini juga sekaligus untuk terus memastikan langkah ke depan agar semua target dapat tercapai, terutama untuk mewujudkan cita-cita besar Indonesia, yaitu sebagai pusat produsen halal dunia pada 2024.

Wapres mengapresiasi kerja jajaran KNEKS dan kementerian/lembaga terkait. Meskipun demikian, Wapres meminta seluruh pihak bergerak lebih cepat dan kompak.

Dalam rapat ini turut hadir pimpinan dari 26 kementerian/lembaga/instansi anggota dan non-anggota KNEKS, serta beberapa pemimpin daerah provinsi di Indonesia.

Rapat yang mengangkat tema “Bergerak Lebih Cepat untuk Mewujudkan Indonesia sebagai Produsen Halal Terkemuka di Dunia” ini merupakan lanjutan dari Pleno Pertama yang dilaksanakan pada 30 November 2021.

Menteri Keuangan selaku Sekretaris KNEKS menyampaikan Rapat Pleno kedua KNEKS ini bertujuan memberikan informasi perkembangan capaian program kerja KNEKS, menyangkut 13 program kerja prioritas yang sebelumnya telah disepakati.
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022