Bantuan bahan bangunan senilai Rp10 juta
Palu (ANTARA) -
Dinas Sosial Kota Palu menyalurkan bantuan logistik kepada korban terdampak angin puting beliung di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah yang terjadi pada Minggu (29/5).
 
"Kurang lebih 38 kepala keluarga di tiga kelurahan kami berikan bantuan logistik sebagai upaya membantu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari warga terdampak," kata Kepala Dinas Sosial Kota Palu Romy Sandi Agung yang dihubungi di Palu, Senin.
 
Ia menjelaskan, bantuan logistik disalurkan pada Minggu malam sebagai bentuk respon cepat kepada warga di hunian tetap (huntap) korban korban gempa di Kelurahan Duyu , Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga dan Kelurahan Buluri, Kecamatan Ulujadi sebagai daerah cukup parah atas dampak bencana tersebut.
 
Logistik disalurkan berupa sembako, perlengkapan bayi dan terpal karena logistik semacam ini sangat dibutuhkan warga di situasi darurat.
 
Dari data Pemkot Palu, tercatat lima rumah rusak berat akibat diterjang puting beliung, empat di Kelurahan Duyu dan satu rumah di Kelurahan Buluri.
 
"Selain bahan makanan dan perlengkapan lainnya, kami juga menyalurkan bantuan bahan bangunan senilai Rp10 juta untuk perbaikan rumah warga rusak berat," tutur Romy.

Baca juga: Puting beliung terjang lima kelurahan di Palu

Baca juga: BPBD: Sembilan rumah di Palu rusak akibat puting beliung
Tim Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu memotong tiang atap teras rumah warga di hunian tetap (huntap) Kelurahan Duyu, Kota palu, Sulawesi Tengah yang rusak diterjang angin puting beliung, Minggu (29/5/2022). ANTARA/HO/Dinas Pemadam Kebakaran Palu
Dari laporan diterima pihaknya, rata-rata kerusakan rumah warga pada bagian atap karena tertiup angin kencang.
 
"Kami selalu berupaya memberikan yang terbaik kepada warga. Respon cepat logistik disalurkan adalah bagian dari upaya pemulihan," kata Romy menambahkan.
 
Menurut data dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat kurang lebih 20 unit rumah warga terdampak angin puting beliung di lima kelurahan.
 
Delapan rumah rusak di huntap Duyu, tiga rumah rusak di Kelurahan Pengawu, sembilan unit rumah rusak di Kelurahan Buluri dan masing-masing satu rumah rusak di Kelurahan Tipo serta Kelurahan Silae.
Termasuk, dua tiang listrik mengalami putus jaringan, satu sepeda motor rusak berat dan satu mobil rusak ringan.

Baca juga: Puluhan rumah di Palolo diterjang angin kencang

Baca juga: Angin puting beliung landa Desa Panjo Kabupaten Poso
 

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022