Langit kawasan wisata Bali diisi asap petasan

Denpasar (ANTARA News) - Jarang-jarang ada kejadian langit kawasan wisata Bali diselimuti asap. Sejak sekitar seperempat jam menjelang pergantian tahun 2011 ke 2012, Sabtu malam, intensitas dentuman petasan semakin membahana, membuat terang langit dan... meninggalkan asap pekat.

Petasan aneka ukuran diledakkan dari berbagai penjuru, tidak hanya di seputar Lapangan Puputan Badung, Lapangan Puputan Renon, Lapangan Lumintang, kawasan Pantai Kuta, kawasan Pantai Sanur dan tempat terbuka lainnya, tetapi juga dari lokasi permukiman/perumahan.

Banyaknya dentuman petasan dan kembang api luncur dengan aneka bunyi dan macam-macam bentuk tebaran cahaya itu, mampu membuat terang langit di atas sebagian daratan Pulau Bali, terutama di seputar Kota Denpasar dan Kuta.

Maraknya luncuran petasan dan kembang api itu, juga membuat kondisi udara dipenuhi kepulan asap dari petasan maupun kembang api, dengan tebaran aroma khas sejenis bahan peledak.

"Berapa banyak dana yang dihamburkan untuk pesta petasan dan kembang api seperti itu ya," komentar seorang warga yang menyaksikan kesemarakan pesta rakyat di seputar Lapangan Lumintang, Denpasar.

Seorang warga lainnya yang mengaku pernah menyaksikan masa pergantian tahun di Jakarta dan Surabaya, menyatakan kesemarakan di Bali ini jauh lebih dahsyat dibandingkan yang pernah dilihat dan didengarkannya.

Kesemarakan pesta petasan dan kembang api menyambut datangnya Tahun Baru 2012 sejak memasuki malam itu, berlangsung intensif selama sekitar setengah jam, hingga memasuki Minggu dini hari, 1 Januari 2012. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Ingatkan bahaya petasan dengan sosialisasi pakai kostum zombie

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar