Warga sudah semua pindah ke Rusun CBU
Jakarta (ANTARA) - Relokasi warga korban kebakaran Pasar Gembrong RW 01, Jatinegara, Jakarta Timur, ke lokasi sementara di Rusun Cipinang Besar Utara (CBU) telah selesai.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Jatinegara, Rudy Syahrul mengatakan, 110 kepala keluarga (KK) korban kebakaran Pasar Gembrong telah pindah secara bertahap ke lokasi sementara di Rusun CBU sejak sepekan lalu.

"Warga sudah semua pindah ke Rusun CBU," kata Rudy Syahrul di Jakarta, Senin.

Rudy menambahkan, tenda pengungsian hingga dapur umum di lokasi pengungsian warga korban kebakaran Pasar Gembrong juga sudah tidak ada.

Rudy mengatakan, rencananya warga korban kebakaran Pasar Gembrong akan tinggal di lokasi sementara itu hingga tiga bulan ke depan menunggu proses renovasi rumah selesai.

Namun Rudy mengaku belum mengetahui kapan proses renovasi rumah warga korban kebakaran Pasar Gembrong yang dilakukan Pemerintah Kota Jakarta Timur dengan menggandeng Baznas Bazis Jakarta itu dimulai.

"Saat ini masih dibahas di tingkat kota," ujar Rudy.

Baca juga: 110 kepala keluarga Pasar Gembrong mulai tempati Rusun CBU
Baca juga: Warga korban kebakaran Pasar Gembrong mulai tempati Rusun CBU

 
Warga korban kebakaran Pasar Gembrong menempati lokasi sementara di Rusun Cipinang Besar Utara, Jakarta, Selasa (24/5/2022). ANTARA/Yogi Rachman/aa.
Pemerintah Kota Jakarta Timur telah mengukur luas lahan yang terdampak kebakaran di Pasar Gembrong RW01, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Jakarta Timur, Achmad Salahuddin mengatakan, pengukuran itu dilakukan untuk memastikan luas lahan terdampak kebakaran yang akan direnovasi.

"Untuk mengukur dan memastikan luas pastinya berapa dan hal-hal lainnya. Misalnya saluran di sebelah mana. Taman atau sebagainya, itu sedang kami lakukan," kata Salahuddin di Jakarta, Senin (23/5).

Dia mengatakan, target renovasi permukiman warga korban kebakaran Pasar Gembrong selesai pada September 2022.

"Target September kami sudah kelar. Kami berharap. Berarti Juni mulai," tutur Salahuddin.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022