Kendari (ANTARA) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), membuka kesempatan untuk mahasiswa asing untuk melanjutkan studi jenjang sarjana di IAIN Kendari melalui program beasiswa Internasional.

Proses pendaftaran untuk mengikuti program tersebut telah dibuka sejak awal April dan akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2022.

Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd, Senin, mengatakan program beasiswa internasional ini adalah sebuah upaya untuk mewujudkan internasionalisasi kampus serta meningkatkan jejaring lintas negara.

“Kita sudah menyiapkan program ini sejak tahun lalu, tetapi ditunda karena pandemi. Mudah-mudahan tidak ada kendala, tahun ini bisa berjalan sesuai rencana," kata Rektor.

Baca juga: UIN Palu-IAIN Kendari kerja sama pengembangan kelembagaan

Baca juga: Ratusan mahasiswa IAIN Kendari dibantu beasiswa Pemkab Bombana

 
Kehadiran mahasiswa asing diharapkan dapat membangun reputasi kampus serta mendorong perbaikan kultur akademik dosen dan mahasiswa karena harus menyesuaikan dengan standar pendidikan internasional.

Beasiswa yang diberikan untuk para calon mahasiswa ini mencakup biaya hidup, biaya kuliah, asrama, biaya buku, biaya visa dan tiket pesawat pulang-pergi (1 kali).

Sementara itu, selaku pelaksana program beasiswa Internasional Direktur Kantor Urusan Internasional (KUI) IAIN Kendari Abdul Halim, M.TESOL mengatakan sebagai langkah awal pihaknya telah menyusun program persiapan kuliah bagi mahasiswa asing seperti membuka kelas Bahasa Indonesia dan melaksanakan orientasi perkuliahan..

“Persiapan kelas Bahasa Indonesia dan orientasi perkuliahan sangatlah penting untuk membantu mereka mempercepat proses adaptasi terhadap aktivitas dan budaya akademik di kampus kita” ujarnya.

Berdasarkan data dari Kantor Urusan Internasional IAIN Kendari, hingga saat ini terdapat 11 aplikasi pelamar yang masuk ke dalam portal pendaftaran daring.

Para pendaftar ini berasal dari India, Sudan dan Madagaskar. Sejauh ini IAIN Kendari belum membatasi negara asal pelamar, namun tetap memprioritaskan calon mahasiswa dari negara-negara di Asia Pasifik karena pertimbangan jarak dan waktu tempuh.

Untuk melakukan pendaftaran, calon pelamar dapat mengakses tautan di bawah ini: https://forms.gle/sBU7X9rDS6XzgViJ9

Sebelumnya, IAIN Kendari telah menerima mahasiswa asing asal Thailand melalui jalur seleksi prestasi. Penerimaan mahasiswa asing ini merupakan tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman IAIN Kendari dengan dengan Abroad Alumni Association of Sothern Border Province Thailand atau Badan Alumni Thailand Selatan pada tahun 2015.

IAIN Kendari juga pernah mengirim mahasiswa ke Thailand untuk mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata selama dua tahun berturut-turut, 2015 dan 2016.*

Baca juga: IAIN Kendari tampilkan ragam seni budaya Sultra di PWN-PTK XV Sumsel

Baca juga: BNN Sultra canangkan IAIN Kendari jadi kampus bersih narkoba

Pewarta: Hernawan Wahyudono dan Suparman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022