Sebanyak 315 koper mulai dibagikan terhadap para calhaj asal Boyolali melalui kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) masing-masing
Boyolali, Jateng (ANTARA) - Sebanyak 315 jamaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah menerima koper untuk persiapan pemberangkatan haji 2022 Jawa Tengah, di Layanan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) daerah setempat, Senin.

Menurut Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Boyolali Sauman sebanyak 315 koper mulai dibagikan terhadap para calhaj asal Boyolali melalui kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) masing-masing.

Koper calhaj tersebut diserahkan masing masing KBIH antara lain KBIH Alkausar sebanyak 121 koper, Aropah 73 koper, Mandiri 101 koper, MTA 13 koper, KBIH LDII sebanyak 6 koper dan satu koper untuk petugas haji daerah (PHD).

Ia menjelaskan koper calhaj tersebut tiba di Kemenag Boyolali pada Kamis (26/5) dan mulai dibagikan melalui perwakilan KBIH masing-masing Senin (30/5) ini, kemudian dilanjutkan ke calhaj yang bakal diberangkatkan 2022 ini.

"Koper itu, dibagikan oleh masing-masing petugas kelompok haji di setiap daerah di Boyolali. Mereka yang membagikan ke semua jemaah yang bakal diberangkatkan ke Tanah Suci," katanya.

Dia mengatakan sebanyak 315 calhaj asal Boyolali tahun ini, terbagi menjadi dua kelompok terbang (kloter), yakni kloter 34 sebanyak 111 calhaj dan kloter 35 sebanyak 204 calhaj sehingga total 315 orang.

Calhaj kloter 34 asal Boyolali akan tergabung dengan jamaah asal Batang total sebanyak 360 calhaj. Mereka dijadwalkan masuk di Asrama Haji Donohudan, pada tanggal 26 Juni 2022 pukul 08.00 WIB dan diterbangkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, 27 Juni pada pukul 04.40 WIB.

Rombongan kloter 35 asal Boyolali sebanyak 204 jamaah akan bergabung dengan calhaj asal Pemalang bersama petugas kloter total 360 calhaj. Rombongan kloter 35 ini, mulai masuk asrama haji, pada tanggal 26 Juni, sekitar pukul 19.00 WIB dan dijadwalkan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Embarkasi Surakarta, pada tanggal 27 Juni, sekitar pukul 19.25 WIB.

Sementara itu, para Calhaj asal Boyolali tersebut, kata dia, sudah melaksanakan kegiatan manasik haji di Asrama Haji Donohudan Boyolali, beberapa waktu lalu. Acar itu, kegiatan terakhir sebelum mereka diberangkatkan ke Tanah Suci.

Pada kegiatan tersebut para calhaj memperagakan tata cara manasik antara lain berjalan mengelilingi Kabah, melempar jumroh dan diberikan pengarahan terkait tata cara saat di Tanah Suci tim masing-masing.

Pada penyelenggaraan haji 2022 sebanyak 15.477 calon haji asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang terbagi dalam 43 kelompok terbang (kloter) akan menggunakan layanan Asrama Haji Donohudan di Boyolali, mulai tanggal 3 Juni hingga 14 Agustus mendatang.

Ia memastikan rombongan calhaj kloter pertama Asrama Haji Donohudan siap digunakan sebelum calon haji dalam kelompok terbang pertama dijadwalkan masuk ke asrama pada 3 Juni 2022.

Rombongan calhaj kloter pertama asal Kabupaten Pati dijadwalkan tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali, pada tanggal 3 Juni 2022 pada pukul 08.00 WIB. Calhaj ini, dijadwalkan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo, pada tanggal 4 Juni, sekitar pukul 00.30 WIB, demikian Sauman.

Baca juga: Seorang Calhaj Asal Boyolali Meninggal di Madinah

Baca juga: Asrama Haji Donohudan Boyolali akan dijadikan hotel

Baca juga: Menteri PUPR tinjau renovasi RSD COVID-19 di Boyolali

Baca juga: Empat Jamaah Boyolali Pulang ke Pengungsian

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022