Beijing (ANTARA) - Saham-saham China ditutup lebih tinggi pada perdagangan Senin, setelah berakhir bervariasi di akhir pekan lalu, dengan indikator utama Bursa Efek Shanghai, Indeks Komposit Shanghai terkerek 0,60 persen atau 18,82 poin menjadi menetap di 3.149,06 poin.

Sedangkan Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua China terangkat 1,04 persen atau 116,70 poin menjadi berakhir di 11.310,28 poin.

Nilai transaksi gabungan saham yang dicakup oleh kedua indeks tersebut mencapai 811,1 miliar yuan (sekitar 121 miliar dolar AS), turun dari 815,8 miliar yuan pada hari perdagangan sebelumnya.

Saham-saham yang terkait dengan hotel dan industri pembuatan bir mencatat kinerja yang kuat, sementara saham-saham yang terkait dengan batu bara dan real estat mencatat kinerja yang relatif lemah.

Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham perusahaan-perusahaan sedang berkembang atau perusahaan rintisan (start-up) di papan perdagangan bergaya Nasdaq China, menguat 1,20 persen menjadi berakhir di 2.350,38 poin.

Baca juga: Rupiah menguat seiring turunnya ekspektasi kenaikan suku bunga agresif
Baca juga: Minyak naik ke tertinggi 2 bulan jelang pertemuan UE atas sanksi Rusia
Baca juga: Uni Eropa gagal sepakati embargo minyak Rusia

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022