Rutinkan minum air, terutama saat menjalankan ibadah Haji di Arab Saudi
Kota Pekanbaru (ANTARA) - Koordinator Promosi Kesehatan Panita Penyelenggara Ibadah Haji (Promkes PPIH) Bidang Kesehatan dr Edi Supriyatna, MKK, meminta Petugas Kesehatan Haji agar mengedukasi diri sendiri dan calon jamaah haji (CJH) asal Provinsi Riau rutin meminum air guna terhindar dari dehidrasi.

"Rutinkan minum air, terutama saat menjalankan ibadah Haji di Arab Saudi," katanya dalam pernyataan di Pekanbaru, Riau, Senin.

Dia mengatakan perbedaan suhu yang ekstrem, ditambah kelembapan yang rendah di Arab Saudi, menimbulkan potensi dehidrasi bagi CJH. Kondisi ini dapat mengarah pada situasi yang lebih parah yakni "heat exhausted" dan bahkan "heat stroke".

"Sehingga asupan mineral yang cukup diyakini akan mampu menjaga jamaah haji dari dehidrasi. Kunci dehidrasi adalah 'mineral loss', jadi harus minum air yang dicampur elektrolit, jangan tunggu haus," katanya.

Ia menjelaskan fungsi elektrolit di sini bukan sebagai obat diare, akan tetapi sebagai pengganti mineral yang hilang selama menjalankan aktivitas di tengah cuaca yang sangat terik dan minim kelembapan.

Konsumsi elektrolit dilakukan setelah jamaah haji melakukan aktivitas di luar hotel, dengan mencampurkan 1 sachet oralit dengan 600 ml air. Selain itu, jamaah juga diminta untuk minum air 5-6 botol sehari dengan takaran 600 ml air setiap botolnya.

Edi meminta jamaah haji menghindari paparan sinar matahari langsung dan lengkapi diri dengan alat pelindung diri (APD), salah satunya dengan menggunakan topi dengan bibir (pinggiran) yang lebar sehingga kepala bisa terhindar dari sengatan langsung.

Selain itu juga jamaah diminta untuk sering menyemprot bagian tubuh yang terpapar paparan sinar matahari langsung, terutama muka dan tangan. Jamaah juga diminta untuk menggunakan pakaian yang longgar dan mudah menyerap keringat, serta selalu menggunakan alas kaki saat bepergian.

"'Edukasi ini harus disosialisasikan mulai dari sekarang, sebelum jamaah berangkat," demikian  Edi Supriyadi. 

Baca juga: 2.290 CJH Riau diberangkatkan awal Juni 2022

Baca juga: Kemenag Riau minta calon jamaah haji siap hadapi cuaca panas di Arab

Baca juga: Jamaah calon haji diimbau perbanyak minum hindari dehidrasi

Baca juga: Tim Psikiatri antisipasi jamaah gangguan jiwa akibat dehidrasi

Pewarta: Frislidia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022