Jakarta (ANTARA) - KaryaKarsa, platform apresiasi kreator, menghadirkan rumah pemberdayaan untuk para storyteller dengan menyediakan layanan manajemen intellectual property (IP) agar karya mereka tetap aman, menguntungkan sekaligus dapat dinikmati secara legal oleh publik.

Dengan demikian, KaryaKarsa dapat membantu para storyteller mendapatkan IP sekaligus membekali mereka dengan ilmu bisnis agar konten tersebut dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Baca juga: Cara para kreator konten berbagi kebaikan di bulan Ramadhan

Baca juga: Platform audio NOICE terima pendanaan 22 juta dolar

"Kami percaya, Indonesia punya banyak sekali storyteller dengan cerita yang bisa dinikmati oleh khalayak luas," kata Ario Tamat, co-founder dan Chief Executive Officer KaryaKarsa dalam siaran resmi, Selasa.

Aria menjelaskan, KaryaKarsa mendukung dan mendorong para storyteller Indonesia untuk berbagi cerita inspiratif dan positif dalam beragam bentuk kreatif, serta memberikan kemudahan bagi publik agar bisa memberikan dukungan terhadap karya yang mereka sukai.

"Oleh karena itu, peran KaryaKarsa sebagai rumah pemberdayaan tidak hanya memberi ruang untuk berkarya, tetapi juga memberikan kemudahan mereka dalam menjangkau para penggemar sekaligus karya ke skala yang lebih besar. Kami harap, IP management menjadi bekal yang mumpuni dari ‘rumah’ KaryaKarsa sehingga para storyteller dapat terus bertumbuh dan berdaya melalui karyanya,” ungkap Ario.

Hadir sejak tahun 2019, KaryaKarsa telah menaungi sekitar 100 ribu kreator yang rata-rata menghasilkan lebih dari 3.000 karya per bulan.

Baca juga: NOICE siapkan fitur monetisasi konten

Baca juga: Genflix hadirkan fitur khusus untuk kreator konten


Dengan menghadirkan program IP management di KaryaKarsa, para storyteller dapat menawarkan IP mereka, lengkap dengan data ketertarikan penonton berbayar di KaryaKarsa kepada pihak ketiga yang tertarik untuk mengadaptasi IP asli ke dalam berbagai format lain.

Kesepakatan dapat ditawarkan dan dilakukan melalui platform, mulai dari opsi hingga lisensi akhir, dengan KaryaKarsa mewakili kepentingan bisnis dan dokumen ruang belakang yang diperlukan, termasuk pendaftaran resmi hak kekayaan intelektual kepada pemerintah dan dokumen hukum.

Lebih jauh lagi, IP management KaryaKarsa juga akan menyarankan harga dan persyaratan terbaik untuk pembuat dan penerima lisensi, menuju hubungan kreatif yang lebih adil.

Kali ini, KaryaKarsa menggandeng NOICE, platform konten audio terkemuka di Indonesia sebagai partner IP management dengan menghadirkan ragam konten dari penulis dan storyteller pilihan KaryaKarsa yang diadaptasi lewat format audioseries di aplikasi NOICE.

Baca juga: NOICE sediakan platform untuk kreator audio lokal

"Melalui kolaborasi bersama KaryaKarsa, NOICE ingin memfasilitasi para penulis lokal berbakat pilihan KaryaKarsa untuk mengembangkan konten tulisan mereka ke dalam bentuk audio series dan memberikan sesuatu yang berbeda kepada para pembaca setianya," kata Niken Sasmaya, Chief Business Officer (CBO) NOICE.

"Format audio series ini sangatlah unik dan kian banyak peminatnya karena menghadirkan pengalaman berbeda dalam menikmati rangkaian cerita yang dibawakan dengan kekuatan suara sehingga dapat menciptakan theatre of mind atau interpretasi visual tersendiri dari masing-masing orang berdasarkan apa yang mereka dengar," ujar Niken.

KaryaKarsa percaya, dengan memastikan para storyteller mendapatkan penghasilan yang cukup adalah bagian terpenting dalam membangun industri IP yang dinamis yang tidak hanya dapat memberikan hit pasar massal, tetapi juga memberikan penawaran khusus yang luar biasa secara berkelanjutan, sehingga meningkatkan ukuran pasar seluruh industri.

Dengan memastikan kepentingan bisnis kreator terwakili dengan baik dan adil, melalui platform yang terukur dan dapat diakses oleh lebih banyak mitra bisnis, KaryaKarsa berharap dapat menjadi bagian besar dari perjalanan tersebut. KaryaKarsa segera membuka pendaftaran untuk platform IP


Baca juga: Podcast komedi hingga dakwah hadir di NOICE untuk temani ngabuburit

Baca juga: Raffi Ahmad yakin kreator konten bisa sukses dengan kearifan lokalnya

Baca juga: S.ID rilis fitur "microsite" mudahkan kreator konten dan bisnis

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022