Palangka Raya (ANTARA) -
Sejumlah kepala daerah di Provinsi Kalimantan Tengah meminta Pemerintah Pusat membangun sekolah kedinasan di daerah setempat, sebagai upaya memacu peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).
 
Salah satunya Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas saat dihubungi dari Palangka Raya, Selasa, mengatakan Kalteng sangatlah strategis dan tepat jika menjadi daerah yang berfokus pada dunia pendidikan.
 
"Maka Pemerintah Pusat bisa membangun sekolah-sekolah kedinasan, yang salah satunya dibangun di ibu kota provinsi yakni Kota Palangka Raya," katanya.
 
Dia menilai Palangka Raya sangat strategis untuk menjadi lokasi yang dipusatkan untuk sektor pendidikan, melalui pembangunan sekolah kedinasan yang dimiliki pemerintah, baik seperti Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) maupun lainnya.

Baca juga: Gubernur Kalteng minta semua PBS penuhi kewajiban untuk masyarakat

Baca juga: Gubernur Kalteng nilai DAS Barito berpotensi menjadi provinsi baru
 
"Efeknya nanti selain untuk memacu peningkatan SDM, juga akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah maupun kesejahteraan masyarakat," katanya.
 
Terlebih ke depan terkait rencana Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur, salah satu daerah penyangga adalah Kalteng termasuk Palangka Raya di dalamnya.
 
Senada dengan yang disampaikan Ampera, Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph juga mendukung jika pemerintah pusat bisa membangun sekolah-sekolah kedinasan di Kalteng.
 
"Kita setuju itu, apalagi saya juga merupakan alumni di sana (IPDN). Saya yakin Kalteng mampu dan bisa," ujarnya.
 
Perdie juga menyambut baik keinginan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang ingin membangun universitas di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito wilayah Kalteng, meliputi Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, serta Murung Raya.
 
"Untuk mengakomodir putra-putri di DAS Barito ini, yang jumlah anak muda yang ingin kuliah dengan disiplin ilmu berbeda-beda ini sangatlah banyak serta potensial," ucapnya.
 
Sebelumnya, Gubernur Sugianto Sabran mengatakan, keinginan membangun universitas di wilayah DAS Barito guna menunjang pembangunan sumber daya manusia (SDM).
 
Untuk mewujudkannya diperlukan kolaborasi antara pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten di wilayah DAS Barito serta pihak lainnya.
 
"Kami meminta agar para kepala daerah di DAS Barito bisa menyiapkan lahan untuk pembangunan universitas ini nantinya," katanya.
 
Dia ingin membangun universitas yang benar-benar memadai lengkap dengan sarana prasarananya, sehingga generasi muda khususnya DAS Barito tak lagi harus ke luar Kalteng untuk melanjutkan pendidikan.*

Baca juga: Gubernur Kalteng ingin bangun universitas di wilayah DAS Barito

Baca juga: Kalteng pecahkan Rekor MURI tradisi Mangenta peserta terbanyak

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022