Jakarta (ANTARA) - Menjelang musim kemarau, pemilik rumah bisa memanfaatkan lapisan cat tertentu yang mampu menahan panas sinar matahari saat siang hari untuk menjaga interior hunian tetap nyaman.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada 29 Mei 2022, suhu maksimum harian di Indonesia mencapai 35,9 derajat celcius yang tercatat di Kalimantan Timur. Untuk itu, Aquaproof selaku jenama cat pelapis anti bocor di Indonesia mengenalkan Heatgard sebagai cat yang mampu menolak panas dan diklaim dapat menurunkan suhu permukaan yang dilapisi hingga 20 derajat celcius.

“Heatgard memiliki Reflect & Insulate Technology, sehingga Heatgard bekerja menolak atau memantulkan panas matahari yang ada di permukaan luar bangunan dan meredam panas matahari yang masuk ke dalam bangunan," ujar Antony Kostka General Manager Commerce PT Adhi Cakra Utama Mulia (Aquaproof) dalam siaran resmi, Selasa.

​​Baca juga: Tiga ide dekorasi rumah semarakkan Imlek

"Selain memiliki fungsi utama sebagai cat penolak panas, Heatgard juga memiliki formula anti bocor sehingga baik musim kemarau maupun musim hujan rumah akan tetap terlindungi.” kata Antony.
Heatgard, cat penolak panas untuk eksterior rumah (PIXABAY)


Untuk membuktikan hal itu, Aquaproof membuat pengujian panas dengan membandingkan atap metal yang dilapisi Heatgard warna abu dengan atap metal yang dilapisi cat biasa warna abu-abu, kemudian paparan suhu diwakili lampu infrared pengganti sinar matahari.

Dalam kurun waktu lima menit, suhu masing-masing atap metal yang awalnya 31 derajat celcius naik menjadi 49,8 derajat celcius (yang dilapsisi Heathard) dan 68,2 derajat celcius (dengan cat biasa).

Cara penggunaan Heatgard sama seperti cat pada umumnya yaitu bersihkan semua bagian yang mudah lepas dan terkelupas dengan kape atau sikat kawat sehingga bidang yang diaplikasikan memiliki daya lekat yang baik terhadap cat.

Kemudian aplikasikan Heatgard menggunakan kuas atau roll tanpa perlu dicampur air. Pengecatan dilakukan sebanyak dua lapis atau lebih sampai mendapatkan ketebalan sesuai daya sebar yang dianjurkan, yakni 1 liter untuk 1 meter persegi, dengan selang waktu minimal 1 jam setiap pelapisan.

Untuk bidang seperti atap seng yang bergelombang dapat melapisi Heatgard menggunakan airless spray. Area sudutan dan pertemuan dua bidang juga dapat diperkuat dengan Aquaproof Polyester Mesh.

Heatgard tersedia dalam dua kemasan yaitu 4 liter dan 20 liter, dengan pilihan warna putih, abu dan cream yang merupakan warna-warna yang sudah diuji memiliki kemampuan menolak panas matahari yang baik.

Cat pelapis itu bisa diaplikasikan pada bidang eksterior seperti fasad, dinding samping, maupun atap metal pada rumah, serta untuk gudang atau pabrik yang menggunakan atap berbahan metal/logam.

Selain menggunakan cat pelapis, pemilik bangunan juga disarankan untuk mengatur jarak ketinggian ceiling, menambah ventilasi, menata kembali rumah dan memperbanyak tanaman untuk mengurangi suhu panas di dalam bangunan.

Baca juga: OK Bank: Ubah gaya hidup milenial agar punya rumah sebelum usia 30

Baca juga: Kenali enam tahap pencarian properti

Baca juga: Pentingnya "waterproofing" cegah kebocoran kamar mandi

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022