Purwokerto (ANTARA) - Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian terus memperkuat sosialisasi Presidensi G20 Indonesia 2022 kepada mahasiswa di berbagai daerah di Tanah Air.

"Agar lebih banyak anak muda yang 'aware' dan berkolaborasi dalam momentum penting ini, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melakukan sosialisasi dan edukasi kepada mahasiswa di berbagai daerah," kata Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Multilateral Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Ferry Ardiyanto melalui siaran pers yang diterima di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa.

Pernyataan tersebut disampaikan usai kegiatan sosialisasi dan edukasi G20 bagi kalangan sivitas akademika di berbagai universitas di Purwokerto.

Baca juga: Kemenko Perekonomian ajak "civitas academica" sukseskan Presidensi G20

"Tujuan sosialisasi menyesuaikan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menekankan bahwa G20 ini tidak hanya milik elite saja tetapi juga bagi 'engagement group' harus bisa memeriahkan, bahkan hingga di level akademisi," katanya.

Indonesia dalam Presidensi G20, kata dia, berusaha memberikan hasil yang konkret, mendekatkan antara komunitas bisnis dengan pembuat kebijakan, dan memastikan koherensi dalam agenda yang dipromosikan oleh "working groups" dan "engagement groups".

"Salah satu 'engagement groups' dalam G20 adalah Youth20 yang merupakan wadah bagi anak muda untuk turut berkolaborasi dan berkontribusi aktif dalam G20," katanya.

Baca juga: Airlangga: Industri berperan penting sebagai mesin pertumbuhan ekonomi
Baca juga: Kemenko ajak mahasiswa aktif dalam G20 Indonesia melalui Youth 20


Tidak hanya dalam Youth20, kata dia, para kaum muda bisa turut aktif dalam "G20 Studies Centre" yang telah diresmikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Februari 2022.

"Forum tersebut dibentuk untuk membangun dialog ide, inovasi, dan menjalin kerja sama antara sivitas akademika dengan para pemangku kepentingan," katanya.

Dia menambahkan bahwa sosialisasi sebelumnya telah dilakukan di Kota Medan, Sumatera Utara.

Sementara kegiatan di Purwokerto dihadiri sivitas akademika Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

"Diharapkan akan semakin banyak generasi muda di berbagai wilayah di Indonesia yang ikut berperan aktif dan memanfaatkan momentum penting ini," katanya.

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022