Acara dilanjutkan dengan pawai lentera dengan mengambil start di Istana Gebang juga
Blitar (ANTARA) - Pemerintah Kota Blitar, Jawa Timur, menggelar sejumlah agenda peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni di sejumlah lokasi termasuk area Istana Gebang, rumah masa kecil Presiden Soekarno hingga Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar Edy Wasono mengemukakan untuk kegiatan diawali dengan bedhol pusaka nagari di Istana Gebang.

"Acara dilanjutkan dengan pawai lentera dengan mengambil start di Istana Gebang juga. Ada juga malam tirakatan di Kantor Wali Kota," kata Edy di Blitar, Selasa.

Baca juga: Kampung Coklat Kabupaten Blitar bagikan 1.800 paket ketupat cokelat

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan Upacara Gerebek Pancasila di alun-alun Kota Blitar, kemudian berlanjut dengan kirab gunungan lima yang mengambil start dari alun-alun Kota Blitar dan finis di Makam Bung Karno.

Ada juga kegiatan Kenduri Pancasila yang digelar di halaman Perpustakaan Nasional Bung Karno.

Acara tersebut berlangsung pada 1 Juni 2022. Namun, selanjutnya juga tetap ada sejumlah agenda, misalnya 6 Juni 2022, brokohan Hari Lahir Bung Karno, wayang kulit dalam rangkaian haul Bung Karno.

Kemudian, pada 10-12 Juni 2022 ada acara Soekarno Coffe Festival, kemudian ada juga Blitar Jadoel, kontes ayam hias, pekan budaya dan festival kuliner dan beragam kegiatan lainnya.

Baca juga: Belasan pembatik meriahkan Festival Batik Blitar Keren 2022

Untuk bedhol pusaka nagari di Istana Gebang juga berlangsung dengan lancar, yang kemudian dilanjutkan dengan pawai lentera. Acara diikuti berbagai lembaga di Kota Blitar termasuk sekolah dan instansi lainnya.

Kegiatan Peringatan Hari Lahirnya Pancasila ini kembali digelar setelah sebelumnya tertunda karena pandemi COVID-19. Saat ini, pemkot kembali menggelar secara terbuka kegiatan peringatan Hari Lahirnya Pancasila ini.

Dalam kegiatan pawai lentera itu, setiap kelompok juga berkreasi membawa lentera dengan beragam model. Ada juga yang berbentuk seperti replika burung Garuda, dan beragam bentuk lainnya.

Masyarakat juga sangat antusias kegiatan itu. Mereka memadati sepanjang jalan yang dilewati rombongan.

Hadir dalam acara itu, Wali Kota Blitar Santoso, Kapolres Blitar Kota dan tamu undangan lainnya.

Baca juga: BPBD Kabupaten Blitar bersama aparat dan warga perbaiki jalur longsor

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022