Jakarta (ANTARA) - Pemerintah terbitkan sukuk global senilai 3,25 miliar dolar AS dan Kementerian ESDM susun aturan nilai ekonomi karbon kemarin menjadi pemberitaan yang menarik dibaca hari ini. Simak selengkapnya.
 

Pemerintah terbitkan sukuk global senilai 3,25 miliar dolar AS

Pemerintah menerbitkan sukuk global dengan nilai terbesar sepanjang sejarah transaksi sukuk global yang diterbitkan Indonesia, yakni sebesar 3,25 miliar dolar AS pada 24 Mei 2022.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu) dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa, mencatat penerbitan tersebut meliputi 1,75 miliar dolar AS dengan tenor lima tahun dan 1,5 miliar dolar AS dengan tenor 10 tahun (seri hijau).
 

Kemenko Perekonomian ajak "civitas academica" sukseskan Presidensi G20

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengajak civitas academica di berbagai universitas yang ada di Purwokerto, Kabupaten Banyumas untuk ikut berperan aktif dalam menyukseskan Presidensi G20 Indonesia 2022.

"Civitas academica di Purwokerto bisa ikut menyukseskan dengan mengikuti Youth20 atau mengikuti berbagai Side Events G20. Atau jika ingin menulis tesis atau artikel tentang G20, bisa mengunjungi website G20," kata Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Multilateral Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Ferry Ardiyanto melalui siaran pers yang diterima di Purwokerto, Selasa.
 

Kementerian PUPR sepakati belanja produk dalam negeri Rp778 miliar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meneken komitmen belanja produk dalam negeri (PDN) sebesar Rp778 miliar dalam Forum Business Matching (Temu Bisnis) Tahap III yang digelar di Balai Sidang Jakarta (JCC) pada 30-31 Mei 2022.

"Untuk Kementerian PUPR, dilakukan penandatanganan komitmen belanja PDN antara direktorat teknis, penyedia, dan produsen material peralatan konstruksi utama yang terdiri dari kontrak proyek pembangunan indoor multifunction stadium dalam rangka kejuaraan Dunia Bola Basket Tahun 2023, Paket Pembangunan Rumah Susun Bertingkat Tinggi Mahkamah Agung, Revitalisasi Danau Archipelago di TMII, serta Preservasi Jalan Pandeglang - Rangkasbitung – Cigelung," kata Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Yudha Mediawan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.
 

Kementerian ESDM susun aturan nilai ekonomi karbon pembangkit listrik

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat ini sedang menyusun peraturan mengenai penyelenggaraan nilai ekonomi karbon pembangkit listrik untuk mewujudkan komitmen pemerintah dalam pengendalian emisi gas rumah kaca di sektor energi.

"Saat ini kami sedang menyusun Rancangan Peraturan Menteri ESDM tentang penyelenggaraan nilai ekonomi karbon pada pembangkitan tenaga listrik," kata Direktur Teknik dan Lingkungan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Mohamad Priharto Dwinugroho dalam keterangan di Jakarta, Selasa.


Menperin dorong 135 kawasan industri beralih ke prinsip berkelanjutan

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang mendorong 135 kawasan industri di Indonesia yang menempati 65.000 hektare tanah untuk beralih ke prinsip-prinsip praktik industri yang lebih berkelanjutan.

"Harapan saya adalah prinsip kawasan industri ramah lingkungan atau Eco-Industrial Parks dapat diimplementasikan baik di kawasan yang sudah ada maupun yang sedang direncanakan," ungkap Menperin Agus dalam The International Conference On Eco-Industrial Parks, A Road To G20 Event di Jakarta, Selasa.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2022