Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo menyapa dan berfoto bersama warga Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, yang telah menunggu kegiatan Presiden sejak Rabu pagi.

Aktivitas menyapa warga dilakukan Presiden sebelum berangkat menuju Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, sebagaimana dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

Presiden dan Ibu Iriana pada pukul 07.05 WITA menyapa warga. Ketika itu, Presiden mengenakan pakaian Ragi Lambu Luka Lesu dengan kain motif perpaduan warna merah dan hitam yang merupakan pakaian adat Ende, sedangkan Ibu Iriana mengenakan perpaduan kain motif berwarna cokelat dan ungu tua.

"Terima kasih, terima kasih," ucap Presiden menjawab teriakan warga yang memanggil dirinya.

"Sini foto," ucap Ibu Iriana memanggil seorang anak, kemudian diambil foto oleh ibunya.

Pukul 07.25 WITA, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan berangkat menuju Rumah Pengasingan Bung Karno, Kabupaten Ende.

Setelah kunjungan ke Rumah Pengasingan Bung Karno, Presiden menjadi inspektur upacara dan memimpin jalannya Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 di Lapangan Pancasila. Presiden kemudian menuju Taman Renungan Bung Karno.

Selanjutnya, Kepala Negara akan menuju Rumah Tenun Ende, Kabupaten Ende, untuk menerima penganugerahan gelar tua adat Ende. Presiden juga akan mengunjungi Serambi Bung Karno di Gereja Katedral Kristus Raja.

Baca juga: Presiden jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Baca juga: Presiden RI ajak anak muda bangsa bumikan Pancasila


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022