Pancasila bukan hanya telah mempersatukan bangsa, namun juga telah menjadi bintang penuntun.....
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengikuti upacara Hari Lahir (Harlah) Pancasila secara daring dari kediaman resmi di Jakarta, Rabu, dengan mengenakan pakaian adat Melayu.

Berdasarkan informasi Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Wakil Presiden, setelan pakaian adat Melayu yang dikenakan Wapres berwarna hitam, dilengkapi kain songket emas yang membalut pinggang hingga lutut.

Turut mendampingi Wapres, istrinya, Wury Ma'ruf Amin yang mengenakan kebaya putih dipadu kain songket emas di pundak.

Sedangkan Presiden Joko Widodo hadir mengikuti upacara secara langsung di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Presiden Joko Widodo dalam amanatnya mengajak segenap bangsa Indonesia di manapun berada untuk membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Menurut Presiden, Pancasila bukan hanya telah mempersatukan bangsa, namun juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian.

"Dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa," ujar Kepala Negara.

Sebagai informasi, sesuai Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 berpusat di Lapangan Pancasila Ende, NTT, dan dilaksanakan secara daring dan luring.
Baca juga: Wapres dukung Pancasila jadi pelajaran tersendiri
Baca juga: Wapres: Pancasila jaminan negara lindungi kebebasan beragama

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022