Apa yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis dan memenuhi kebutuhan konsumen di Korea ada di Indonesia,
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto menawarkan proyek unggulan di Indonesia kepada  investor Korsel, dalam forum investasi Road to G20: Briefing Session on Indonesia Investment Opportunity 2022 di Seoul, Selasa (31/5).

“Sumber daya alam yang melimpah, SDM yang mumpuni, pasar domestik yang besar dan iklim investasi yang bersahabat adalah kekuatan yang dimiliki Indonesia. Indonesia adalah tujuan investasi Anda. Apa yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis dan memenuhi kebutuhan konsumen di Korea ada di Indonesia,” kata Dubes Gandi dalam keterangan tertulis KBRI Seoul, Rabu.

Gandi menjelaskan bahwa Indonesia juga telah menyiapkan sektor-sektor baru seperti jasa digital, jasa layanan kesehatan, perakitan elektronik, alat komunikasi, serta pemrosesan produk kimia dan mineral.

“Karena itu, tanamlah modal di Indonesia pada sektor-sektor tersebut guna mendorong pembangunan yang berkelanjutan, serta temukan mitra pengusaha Indonesia yang tepat dalam forum ini untuk menjalankan usaha bersama,” tutur dia.

Baca juga: Furnitur Indonesia incar pasar Korsel

Sejalan dengan Presidensi Indonesia di G20, KBRI Seoul dan IIPC Seoul aktif mendorong investasi pelaku usaha dari Korea ke Indonesia sejalan dengan tiga prioritas utama Presidensi G20 Indonesia, yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi.

Forum investasi tersebut menampilkan enam proyek investasi, yaitu Zona Kawasan Industri Batang dan Kota Grand Batang, Jawa Tengah; Peternakan Lobster Terintegrasi Menggunakan Teknologi Kolam RAS di Kabupaten Garut, Jawa Barat; Manajemen Limbah Manggar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur; Taman Wisata Tumpak Sewu, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur; Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Tolo 2, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan; serta Proyek Start Up dan percepatan startup oleh Next Indonesia Unicorn/NEXTICORN.
 

(ANTARA/HO-KBRI Seoul)

Dalam forum itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan komitmen pemerintah untuk menjaga stabilitas keuangan guna mendukung kemajuan ekonomi.

Kebijakan moneter dijalankan untuk menjaga stabilitas rupiah, meningkatkan digitalisasi dan mengaplikasikan QR Indonesia Standard, Bank Indonesia fast payment untuk penjualan ritel yang mudah, murah dan aman, serta pengembangan unicorn menjadi decacorn.

Bank Indonesia sedang memperkenalkan Local Currency Settlement untuk mengurangi tekanan dari instabilitas perubahan mata uang asing.

Sementara itu, Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi RI Nurul Ikhwan menyebut pertumbuhan 9 persen dari total target realisasi investasi (2015-2019) sebesar Rp3.381,9 triliun ke total target realisasi investasi (2020-2024) sebesar Rp4.983,2 triliun. Terdapat peningkatan arus investasi ke industri berbasis nilai tambah/downstream.

Hal ini sejalan dengan kebijakan Presiden RI mengenai transformasi ekonomi dari sektor industri primer ke industri berbasis nilai tambah yang dijalankan sejak tahun 2019-2021 mencakup metal dasar, metal dan industri mesin dan peralatan industri meningkat sebesar 90,7% dari Rp61,6 triliun (2019) menjadi Rp117,5 triliun (2021).

Setelah pembukaan, pemilik/pendiri dari enam proyek menyampaikan presentasi mengenai proyek masing-masing di Indonesia. Presentasi ini ditindaklanjuti dengan pertemuan one-on-one secara daring antara pemilik proyek dengan pengusaha Korea.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh KBRI Seoul bersamaIndonesia Investment Promotion Center (IIPC) di Seoul dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Tokyo ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan sesuai aturan setempat. Kegiatan dihadiri sekitar 200 peserta secara luring dan daring, yang terdiri dari para pemimpin sektor bisnis Korsel, termasuk perusahaan besar LX International, Kodeco Energy, Heli Korea Co Ltd, Persolkelly Korea, POSCO International, Lotte E&C, KOIMA dan akselerator start up KB Innovation Hub serta Spark Labs.

Baca juga: Perundingan dagang Indonesia-Korsel CEPA secara substansi diselesaikan
Baca juga: Indonesia targetkan perundingan IK-CEPA dengan Korsel rampung Oktober


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022