Ada beberapa warga yang menyampaikan bahwa dulu Surabaya juga dikenal dengan wisata airnya, makanya saya ingin menghidupkan kembali Wisata Air Kalimas itu.
Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi optimistis Wisata Air Kalimas atau menyusuri Sungai Kalimas dengan menggunakan perahu berpotensi menjadi destinasi wisata favorit di Kota Pahlawan, Jawa Timur.

Eri Cahyadi di Surabaya, Rabu, mengatakan, sejak lama pihaknya memang ingin membangkitkan kembali wisata air di Sungai Kalimas Surabaya.

"Ada beberapa warga yang menyampaikan bahwa dulu Surabaya juga dikenal dengan wisata airnya, makanya saya ingin menghidupkan kembali Wisata Air Kalimas itu," kata Eri.

Baca juga: Sektor pariwisata di Tanah Air kembali bergairah

Menurut Eri, menghidupkan kembali wisata air tersebut mendapat dukungan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Eri mengatakan Gubernur  menyampaikan pesan bahwa di belakang Gedung Negara Grahadi Surabaya atau tempat berkantor Gubernur Jatim yang bersebelahan dengan Sungai Kalimas bisa juga dipakai untuk pengembangan wisata air.

Bahkan, pada saat peluncuran Wisata Air Kalimas pada Selasa (31/5) malam, Wali Kota Eri juga mengajak Gubernur Jatim untuk menyusuri Sungai Kalimas mulai dari Monumen Kapal Selam (Monkasel) hingga Siola.

Menurut Eri, pada saat menyusuri Sungai Kalimas itu, dirinya berdiskusi dengan Khofifah dan menyampaikan kalau ada saxophone lebih banyak lagi, maka wisata air di Sungai Kalimas akan lebih berkelas.

Baca juga: Wisata Air Putri Waiyoho dibanjiri pengunjung setelah H+1 Lebaran

Makanya, kata dia, ke depan pihaknya memastikan akan menambahkan saxophone, spot foto, spot musik dan juga spot untuk UMKM, sehingga ketika menikmati Wisata Air Kalimas itu, tidak hanya sekadar lewat, tapi juga ada beberapa spot yang bisa dikunjungi.

"Untuk warga Surabaya mulai hari ini sudah bisa menikmati perahu di Wisata Air Kalimas ini," kata dia. 
 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022