Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Skotlandia Steven Clarke menyebutkan kapten timnya Andy Robertson siap untuk diturunkan menghadapi Ukraina pada semifinal playoff kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa jalur A di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Rabu malam waktu setempat.

Dikutip dari Sky Sports, Rabu, Clarke mengatakan tidak risau dengan kondisi Robertson, meski baru saja menjalani perayaan berakhirnya musim ini dengan klubnya, Liverpool.

"Sekarang dia kembali ke sini dan dia siap untuk menjalani pertandingan terbesar dari kaptennya," ujar Clarke.

Robertson diketahui dikritik oleh beberapa suporter Skotlandia karena berpesta ketika berada di perayaan akhir musim bersama Liverpool, Minggu lalu.

Baca juga: Ukraina versus Skotlandia akhirnya ditetapkan berlangsung 1 Juni
Baca juga: Andy Robertson kecam penyelenggara atas kekacauan Liga Champions

Meski begitu, Clarke menilai, Robertson layak untuk melakukan hal tersebut karena Liverpool telah melalui musim yang luar biasa dan tercatat memenangkan dua gelar yaitu, Piala Liga Inggris dan Piala FA.

"Jelas Liverpool memiliki musim yang hebat, meskipun mungkin ketika mereka menyelesaikan pertandingan terakhir melawan Real Madrid, mereka tidak merasa memiliki musim yang hebat," jelas Clarke.

"Mereka menjalani hari yang menyenangkan bersama penggemar mereka di Liverpool, beberapa gambaran bagus tentang Andy yang sedang bersantai dan menikmati dirinya sendiri. Saya pikir penting baginya untuk melakukan itu, penting baginya untuk menikmatinya," sambung dia.

Jika berhasil mengalahkan Ukraina di laga nanti, Skotlandia akan ditunggu oleh Wales di partai final playoff kualifikasi Piala Dunia zona Eropa jalur A pada 5 Juni mendatang.

Skotlandia saat ini berambisi untuk lolos ke Piala Dunia setelah terakhir kali tampil pada 24 tahun lalu di gelaran Piala Dunia 1998 Prancis dan hanya mampu berlaga di fase grup.

Baca juga: Giliran Andy Robertson yang perpanjang kontrak di Liverpool
 

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022