Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan mendorong kerja sama dengan perguruan tinggi swasta (PTS) melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX untuk pengembangan pariwisata.

Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif melalui keterangannya yang diterima di Makassar, Rabu, mengatakan, Kepulauan Selayar merupakan salah satu Kabupaten di Sulsel yang memiliki banyak potensi pariwisata bahari sehingga perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

"Kami punya potensi wisata bahari yang bisa menjadi unggulan di Sulawesi Selatan bahkan Indonesia. Hanya saja, perlu dukungan penuh dari berbagai pihak untuk membantu dalam pengembangannya," ujarnya.

Baca juga: Kabupaten Kepulauan Selayar kembangkan 10 potensi wisata bahari

Salah satu bentuk kerja sama yang paling nyata dengan PTS yang ada di Sulsel dengan Pemkab Kepulauan Selayar melalui mediasi LLDIKTI Wilayah IX yakni jalur pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Jika kerja sama bisa berjalan, kata Saiful, bisa melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di desa wisata dan juga lainnya yang bisa dikembangkan.

Baca juga: Dispar Sulsel dorong pemkab kembangkan destinasi baru

Saiful Arif yang hadir pada kegiatan pertemuan pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Sulawesi Selatan yang digelar LLDIKTI Itu juga memperkenalkan beberapa desa wisata yang menjadi unggulan dan andalan Selayar.

Menurut dia, berbagai desa wisata di Kepulauan Selayar memiliki keunggulan dan spesifikasi masing-masing. Seperti Desa Bahuluang di Kecamatan Bonto Sikuyu dan Desa Bonto Lebang di Kecamatan Bonto Haru yang bernuansa bahari, serta Desa Bonto Marannu di Kecamatan Bonto Manai yang bernuansa alam pegunungan, namun bisa menyaksikan langsung mentari pagi sesaat setelah terbit dan mentari senja menjelang tenggelam.

Baca juga: Kepulauan Selayar disiapkan Sulsel jadi daerah wisata andalan

Kepala LLDIKTI Lukman menyambut baik gagasan dan harapan Pemkab Kepulauan Selayar dan pemda lainnya yang sempat mengikuti kegiatan secara daring pada acara penandatanganan perjanjian kerja sama antara LLDIKTI Wilayah IX dengan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulawesi Selatan yang dihadiri pimpinan PTS di Wilayah Sulsel.

Baca juga: ASITA dukung pengembangan destinasi wisata Kepulauan Selayar
Baca juga: Dinas Perikanan Selayar terapkan "One day no fishing"

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022