Jakarta (ANTARA) - DPRD DKI Jakarta menjadwalkan melantik dua Wakil Ketua yang baru, yakni Rany Mauliani dari Fraksi Partai Gerindra dan Khoirudin dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk sisa jabatan periode 2019-2024 pada Kamis.

Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi di Jakarta, Kamis, telah menerbitkan surat undangan kepada Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria serta jajaran eksekutif lain pada Selasa kemarin.

Baca juga: Wagub tepis isu miring dicopotnya Taufik dari Pimpinan DPRD DKI

Kedua Wakil Ketua DPRD DKI yang baru itu akan mengucap sumpah melalui Rapat Paripurna di Gedung DPRD DKI kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada pukul 10.00 WIB.

Adapun Rany Mauliani menggantikan politisi senior Gerindra, yakni Mohamad Taufik.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria yang juga sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DKI mengatakan pergantian tersebut merupakan mekanisme biasa di partai.

Ia pun menampik adanya konflik internal sehingga politikus senior yang duduk di DPRD DKI selama hampir dua periode itu dicopot dari kursi pimpinan dewan.

Riza menyatakan politikus Mohamad Taufik sebagai aset yang tetap akan berada di partai dengan lambang Burung Garuda itu.

"Jangan ada spekulasi lain, Pak Taufik tetap bersama kami," kata Riza Patria usai pengumuman pemberhentian Mohamad Taufik sebagai wakil ketua di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (26/4).

Mohamad Taufik nantinya akan duduk menjadi anggota DPRD DKI namun belum diketahui komisi yang akan ditempati.

Meski begitu, di DPD Gerindra, Taufik menjadi Ketua Dewan Penasehat DPD Gerindra DKI Jakarta.

Baca juga: Diisukan pindah partai, Taufik: Santai-santai saja

Sementara itu, pengganti Taufik yakni Rany Mauliani sebagai anggota Komisi E DPRD DKI sekaligus Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI.

Sedangkan, Wakil Ketua lain yang akan mengucap sumpah bersamaan dengan Rany adalah Khoirudin yang menempati anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta.

Ia menggantikan posisi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta sebelumnya, Abdurrahman Suhaimi.

Senada dengan penggantian Taufik, Suhaimi mengatakan pergantian tersebut adalah hal biasa dalam partai.

"Salah satunya agar ada pemerataan proses pembelajaran dan pengalaman," kata Abdurrahman Suhaimi ketika dikonfirmasi alasan pemberhentian dirinya di Jakarta, Senin (14/3).

Dengan demikian, susunan pimpinan DPRD DKI Jakarta, yakni Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi dan empat orang Wakil Ketua, yaitu Rany Mauliani, Khoirudin, Misan Samsuri, dan Zita Anjani.

Baca juga: Taufik tak permasalahkan pergantian dirinya dari Wakil Ketua DPRD DKI

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022