Dari seleksi selama beberapa hari ini. Kami akan mencari pemain terbaik dari yang terbaik.
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 200 pemain muda telah menjalani seleksi Timnas U-17 untuk tampil di "International Youth Football Invitation Tournament" di Hong Kong, 27-29 Januari 2012.

"Seleksi ini tetap akan kita laksanakan dengan ketat. Pemain yang kini ada, hanya membantu tugas saya dalam membuat kerangka dasar tim saja," kata Pelatih Timnas U-16 yang kini dipercaya memegang Timnas U-17, Indra Syafri, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, seleksi dimulai sejak Rabu (4/1) hingga Jumat (6/1) di Jakarta. Proses seleksi itu diikuti sebagian besar pemain mantan timnas U-16. Timnas U-16 tersebut, merupakan skuad yang berlaga di kualifikasi Piala Asia U-16 di Thailand, September 2011 lalu.

Indra menilai, hasil dari seleksi akan banyak memunculkan pemain muda berbakat dan berkualitas yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

"Dari seleksi selama beberapa hari ini. Kami akan mencari pemain terbaik dari yang terbaik," tukas pelatih yang telah mengantongi lisensi kepelatihan lisensi A AFC saat mengikuti kepelatihan di Malaysia pada 26-30 Oktober 2010, bersama Widodo Cahyono Putro ( Asisten Pelatih Timnas U-23).

PSSI sudah memanggil 56 pemain untuk menjalani seleksi pembentukan tim nasional Indonesia U-17, dari Timnas U-16, pemain Liga U-16 Asosiasi Sekolah Sepak Bola Indonesia (ASSBI), serta dua pemain dari Medan, Papua, dan Satu pemain dari Jawa Timur serta Makassar.

Selanjutnya, dari 56 pemain tersebut, akan dikerucutkan menjadi 18.

"Saya sangat berharap langkah ini menjadi titik awal persiapan program jangka panjang Timnas U-17. Sebab, nantinya masih ada kualifikasi Piala Asia dan Piala Dunia U-17. Semoga saja, dengan adanya program yang terarah, mampu membawa Timnas kita masuk putaran final dalam dua ajang tersebut," kata Indra.

Sementara itu, Sekretaris Komite Pengembangan Sepak Bola Usia Muda Taufik Jursal Effendi menyebut sudah mengundang 58 pemain dari daerah Jabodetabek untuk mengikuti seleksi pembentukan Timnas U-17.

Empat pemain yang berasal dari luar daerah Jabodetabek. Mereka adalah Ortiz Upon (bek/PPLP Papua), Dimas Drajat (striker/WCP Soccer School Gresik), Indra Nasution (striker/IFA Sumatera Utara), dan Eriyanto (gelandang/SSB Asmaras) ikut dipanggil mengikuti seleksi termasuk Eriyanto, notabene kapten Milan Junior Camp yang meraih juara di Intesa San Paolo Cup 2010.

"Sejauh ini, kompetisi yang aktif di daerah Jabodetabek baru Liga ASSBI. Sedangkan di luar daerah, itu sifatnya hanya turnamen," kata Taufik.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012