Penghargaan pemerintah di bidang industri terbagi atas enam jenis penghargaan untuk jasa dalam pembinaan dan pengembangan industri, pengembangan desain, penemuan teknologi, pengembangan industri hijau maupun lembaga yang memanfaatkan hasil produksi d
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan Penghargaan Pemerintah di Bidang Industri 2011 kepada 69 penerima yang terdiri atas perorangan, pemerintah daerah, kementerian/lembaga negara, serta perusahaan dan BUMN.

Penghargaan rutin yang diberikan setiap tahun oleh pemerintah guna mengapresiasi prestasi dalam pembinaan dan pengembangan industri itu diserahkan oleh Presiden dalam upacara resmi di Istana Negara, Jakarta, Kamis.

Penghargaan pemerintah di bidang industri terbagi atas enam jenis penghargaan untuk jasa dalam pembinaan dan pengembangan industri, pengembangan desain, penemuan teknologi, pengembangan industri hijau maupun lembaga yang memanfaatkan hasil produksi dalam negeri.

Untuk penghargaan Upakarti Tahun 2011 kategori jasa pengabdian diberikan kepada tujuh orang di antaranya Hartono Sumarsono dari Jakarta Selatan dan Sofia Oktaviana Ralahalu dari Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Upakarti Jasa Kepeloporan kepada tujuh orang di antaranya kepada Industri kerajinan Aneka Pisau Nisoku, Blitar, Jawa Timur, dan Gendhis dari Kota Sleman, Provinsi Yogyakarta.

Upakarti jasa kepedulian kepada tujuh orang kepala daerah, yaitu Bupati Enrekang , Provinsi Sulawesi Selatan, La Tinro La Tunrung, Bupati Demak, Provinsi Jawa Tengah, Tafta Zani, Walikota Pekalongan, Jawa Tengah, Mohammad Basyir Ahmad, Bupati Gianyar, Provinsi Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, Bupati Kudus, Jawa Tengah, Musthofa, Walikota Padang Panjang, Sumatera Barat, Suir Syam, dan Walikota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Riduan Effendi.

Penghargaan khusus Rintisan Teknologi (Rintek) diberikan kepada PT Hartono Istana Teknologi karena telah menerima penghargaan sejenis sebanyak tiga kali berturut-turut, yaitu tahun 2009 untuk invensi Nano Hi-Fi, Ultra Compact Hi-Fi Audio System, tahun 2010 untuk invensi crystaline television dengan flat crsytaline loudspekaer, tahun 2011 untuk invensi 123 LCD TV dengan vibration damping system for television SUB woofer.

Penghargaan teknologi industri untuk lima perusahaan di antaranya PT Semen Gresik untuk invensi dust return sebagai material baru untuk pengembangan produk PPC, PT Persada Aman Sentosa untuk invensi pembuatan rompi anti peluru level IV dan helm anti peluru, serta PT Pindad untuk invensi pengembangan produk munisi kaliber kecil multi varian sebagai alat utama sistem persenjataan.

Penghargaan desain terbaik untuk empat kategori, yaitu desain terbaik Indonesia 2011 yang diberikan kepada PT Datascript untuk produk slide file station dan special craftmanship award desain terbaik Indonesia 2011 yang diberikan kepada Wonderful untuk produk selendang batik bordir, gold award desain terbaik Indonesia 2011 kategori produk industri massal dan telah dipasarkan kepada sembilan perusahaan, dan gold award desain terbaik Indonesia 2011 kategori produk inovasi riset desain industri yang diberikan kepada dua perusahaan.

Sedangkan penghargaan kreasi prima mutu diberikan kepada enam perusahaan, dan penghargaan industri hijau diberikan kepada sepuluh perusahaan yaitu PT Holcim Tbk, PT Tanjung Enim Lestari Pulp & Paper, PT Semen Gresik, PT Chandra Asri Petrochemical, PT Arwana Nuansa Keramik, PT Styrindo Mono Indonesia, PT APAC Inti Corpora, PT Essar Indonesia, PT Arwana Citramulia, dan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk.

Sementara itu, penghargaan Anugerah Cinta Karya Bangsa untuk tingkat kementerian/lembaga pemerintah pada 2011 diberikan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Sedangkan untuk tingkat pemerintah daerah diraih oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Daerah Istimewa Ygyakarta, dan Nusa Tenggara Timur. Untuk kategori BUMN diraih PT Dahana, PT Pengembangan Pariwisata Bali, dan PT Taspen.

Pada acara tersebut juga diserahkan upakarti jasa kepedulian Tahun 2010 yang diberikan kepada Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Bupati Cirebon, Jawa Barat, Deddy Soepardi, Bupati Belitung Provinsi Bangka Belitung, Darmansyah Husein, dan Bupati Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas.

(D013/R010)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012