Jakarta (ANTARA) - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memiliki model sport utility vehicle (SUV) kompak, Hyundai Creta, yang menjadi mobil produksi pertama pabrikan asal Korea Selatan itu di Indonesia.

Hyundai Creta dengan kapasitas lima penumpang bisa menjadi opsi bagi keluarga kecil yang ingin menikmati perjalanan, bahkan ketika Anda membawa anak kecil, karena terdapat beberapa fitur yang membantu Anda menikmati mobilitas dengan nyaman dan aman.

ANTARA pada Rabu (1/6) mencoba kenyamanan Hyundai Creta tipe Prime bertransmisi IVT pada rute Jakarta-Bandung (Lembang) sejauh 160 kilometer, dan kembali lagi ke Jakarta, dengan membawa empat orang penumpang, termasuk dua anak.

Dalam perjalanan berdurasi dua hingga tiga jam tersebut terdapat beberapa fitur yang membantu pengemudi menjadi keamanan para penumpangnya, berikut ulasannya:

ISOFIX

Selain rem ABS dan Airbag, keberadaan ISOFIX tidak boleh dilupakan bagi Anda yang gemar berpergian bersama anak balita. ISOFIX merupakan alat yang menjaga posisi child seat tetap kencang pada tempatnya.

Hal itu dapat mencegah child seat terhempas ketika terjadi rem mendadak. Dengan demikian, penggunaan ISOFIX tentu lebih baik daripada hanya mengaitkan child seat menggunakan seat belt.

Baca juga: Sudah dipesan 1.700 unit, Hyundai yakin Creta akan disambut baik

Arm rest

Sederhana namun penting. Itulah fungsi arm rest untuk menopang tangan ibu yang sedang menyusui di bangku baris kedua. Arm rest pada Hyundai Creta juga dilengkapi cup holder yang bisa digunakan untuk menempatkan botol susu atau barang lainnya.

Bila tidak digunakan, arm rest dapat dilipat untuk memberikan ruang duduk yang lebih lega.

Ventilated seat

Mengemudi dalam jangka waktu yang lama tentu memberikan rasa lelah dan gerah, terutama pada bagian yang sulit terjangkau oleh AC, yakni punggung.

Hyundai Creta tipe Style & Prime memberikan fitur ventilated seat yang dapat mengalirkan udara melalui sela-sela kursi untuk memberikan kenyamanan ekstra selama mengemudi.
Hyundai Creta tipe Prime bertransmisi IVT (ANTARA/ALVIANSYAH PASARIBU)


Hyundai SmartSense (opsi berbeda tiap tipe Creta)

Hyundai Creta telah dilengkapi teknologi SmartSense yang menopang keamanan selama perjalanan. Fitur itu meliputi, High Beam Assist (HBA), Forward-Collision avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), Rear-cross Traffic Collision-avoidance Assist (RCCA) dan Driver Rear View Monitor (DRVM).

Speed Limit

Terkadang pengemudi tidak menyadari bahwa mobil yang dikendarai telah melewati batas kecepatan maksimal. Selain bisa mendapatkan tilang elektronik (E-TLE), mengemudi terlalu kencang juga membahayakan diri Anda dan penumpang.

Untuk itu, Hyundai menyematkan teknologi speed limiter yang bisa membatasi kecepatan mobil. Contohnya, Anda bisa membatasi kecepatan pada 100km/jam, maka apabila fitur itu diaktifkan, mobil tidak akan berakselerasi melebihi batas.

Kualitas Audio

Audio berkualitas diperlukan untuk mengusir rasa jenuh saat berperjalanan jauh. Hyundai Creta tipe Prime memberikan konfigurasi delapan speaker Bose yang ditempatkan di berbagai sudut kabin.

Perjalanan juga semakin menyenangkan karena headunit Hyundai Creta bisa terkoneksi dengan ponsel pintar Anda untuk memutar lagu favorit selama perjalanan.

Quiet Mode

Bagi Anda yang membawa anak atau orang tua yang menginginkan suasana tenang di dalam mobil, Hyundai menyiapkan fitur quiet mode yang mengatur volume dan keseimbangan suara. melalui fitur itu, hanya speaker bagian depan saja yang aktif dengan volume maksimal tertentu.

Air Purifier

Meski pandemi mulai surut, namun bukan berarti masyarakat boleh cuek terhadap kualitas udara, terutama di kabin kendaraan.

Hyundai Creta tipe Prime -- atau tipe lain dengan layanan My Own Creta -- menyediakan fitur air purifier yang terletak di konsol tengah untuk memfiltrasi udara agar tetap segar dan bersih karena menggunakan tiga filter untuk menyaring partikel debu serta filter HEPA antibacterial guna menyaring bakteri dan virus pada udara.

Baca juga: Berapa konsumsi BBM Hyundai Creta?

Baca juga: IONIQ 5 dan CRETA dominasi pemesanan Hyundai selama IIMS 2022

Baca juga: Hyundai Creta vs All New Honda HR-V, siapa lebih unggul?
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022