Jakarta (ANTARA) -
Petugas Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Timur menangkap seorang pelaku pembuang bayi terbungkus plastik yang ditemukan masih hidup oleh warga di tepi aliran Kali Ciliwung, Jalan Inspeksi Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara.

Kepala Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Timur Ajun Komisaris Besar Polisi Ahsanul Muqaffi membenarkan penangkapan pelaku pembuang bayi tersebut yang diketahui berinisial MS masih berstatus mahasiswa.

Baca juga: Warga Kampung Melayu temukan bayi di tepi Kali Ciliwung

"(Pelaku) sudah diamankan," kata AKBP Ahsanul Muqaffi di Jakarta, Kamis.

Dia belum menjelaskan waktu penangkapan pelaku tersebut. Namun, pelaku MS sempat dibawa ke Mapolrestro Jakarta Timur, kemudian menjalani perawatan di salah satu rumah sakit.

"Untuk motifnya masih didalami," ujar Ahsanul Muqaffi.

Sebelumnya, warga di Jalan Inspeksi Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, menemukan bayi perempuan di tepi Kali Ciliwung pada Rabu dini hari.

Baca juga: Polisi selidiki penemuan jasad bayi di Kali Cipinang Makasar

Saksi kejadian, Nasrul mengungkapkan bahwa ia bersama rekannya sedang menjaga lingkungan mendapatkan laporan dari seorang pencari ikan yang menemukan bayi sekitar pukul 02.00 WIB.

"Kita lagi jaga malam kan. Pencari ikan sapu-sapu yang biasa ngejaring di kali, dia mendengar suara macam suara kucing," tutur Nasrul.

Saat Nasrul dan warga lainnya mendatangi asal suara tersebut kemudian ia melihat sebuah kantong plastik hitam.

"Dari situ muncul suara. Langsung turun ke bawah, diperhatikan lagi, ternyata plastik itu bergerak. Barulah diketahui kalau di dalamnya ada seorang bayi," ungkap Nasrul.

Selanjutnya, Nasrul bersama pihak kepolisian membawa bayi itu ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati untuk mendapat penanganan medis.

Baca juga: Polisi buru pembuang bayi laki-laki di Kali Jelawe Jakarta Selatan

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022