Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau perkembangan pembangunan hunian tetap dan hunian sementara bagi masyarakat korban terdampak erupsi Gunung Semeru, di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Kamis.

"Kepala BNPB dan semua berusaha keras sehingga bisa terlaksana (penyediaan) tempat yang bersih. Hunian tetapnya sudah jadi, tinggal yang hunian sementaranya, supaya lengkap," ujar Wapres salam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Pada kesempatan itu, Wapres menerima informasi bahwa hunian tetap bagi korban terdampak erupsi yang berjumlah 1.951 unit, seluruhnya sudah dibangun dan menggunakan teknologi hunian tahan gempa.

Sementara hunian sementara, dari target 1.951 unit, sudah terbangun 878 unit, dengan rincian kategori selesai sebanyak 437 unit, dalam proses penyelesaian sebanyak 441 unit, dan sudah dihuni sebanyak 130 unit.

Wapres menyampaikan apresiasi atas upaya keras yang dilakukan semua pihak dalam percepatan penanggulangan bencana erupsi Gunung Semeru.

Pada kesempatan ini, Wapres juga berkesempatan memberikan bantuan dari Kementerian Sosial untuk para pengungsi.

Adapun kategori bantuan yang diberikan di antaranya bantuan sembako untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru sebanyak 130 paket, bantuan sembako untuk Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) sebanyak 50 paket, serta atensi kewirausahaan bagi lansia produktif sebanyak 10 paket.

Baca juga: Wapres Ma'ruf ke Jatim tinjau hunian hingga menapak tilas ponpes

Baca juga: Wapres berharap Indonesia betul-betul miliki generasi emas pada 2045

Baca juga: Kementerian PUPR: 300 Huntap di Lumajang siap huni saat Idul Fitri

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022