Untuk Jayawijaya 10 orang jamah calon haji  yang berangkat. Sebelumnya dilakukan manasik haji pada 23 - 24 Mei di tingkat kabupaten
Wamena, Papua (ANTARA) - Penyelenggara pada Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, Dra Nurhayaty menyatakan bahwa 10 orang calon haji dari daerah itu akan diberangkatkan ke Tanah Suci di Arab Saudi untuk musim haji 1443 Hijriah/2022 Masehi.

"Untuk Jayawijaya 10 orang jamah calon haji  yang berangkat. Sebelumnya dilakukan manasik haji pada 23 - 24 Mei di tingkat kabupaten," katanya di Wamena, Kabupaten Jayapura, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa tahun 2022 ini kuota jamaah calon haji sebanyak 12 orang namun dua di antaranya menunda keberangkatan.

"Seorang calon jamaah ada yang hamil sehingga suaminya pun menunda keberangkatan," katanya.

Ia mengatakan pihaknya tidak bisa mengganti dua orang tersebut dengan calon haji yang masuk daftar tunggu sebab itu merupakan kewenangan dari Kemenag Provinsi Papua.

"Calon jamaah haji di kabupaten ini kuota provinsi, bukan kabupaten. Kalau kuota kabupaten yang tertunda bisa diganti oleh Kemenag Jayawijaya," katanya.

Ia memastikan kuota tahun ini adalah 18 orang, sudah termasuk enam orang cadangan.

Sebagian dari 10 jamaah calon haji sudah berangkat dari Jayawijaya ke Jayapura untuk persiapan perjalanan selanjutnya, demikian Nurhayaty.

Baca juga: Dinkes Jayawijaya imbau jemaah calon haji siapkan obat-obatan

Baca juga: Kemenag: 25 calon haji Kabupaten Jayapura siap diberangkatkan

Baca juga: 77 calon haji Jayawijaya siap berangkat

Baca juga: Persiapan penyelenggaraan ibadah haji Papua alami penyesuaian


 

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022