Kepri kloter satu, jumlahnya ada 446 jamaah calon haji, ditambah 4 orang petugas
Batam (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepulauan Riau menyebutkan sebanyak 446 Jamaah Calon Haji Kepri menjadi Kelompok Terbang (Kloter) I Embarkasi Batam dalam penyelenggaraan haji 2022.

"Kepri kloter satu, jumlahnya ada 446 jamaah calon haji, ditambah 4 orang petugas," kata Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Mahbub melalui pesan singkat diterima di Batam, Kamis.

Ia menjelaskan jamaah calon haji asal Kepri akan memasuki asrama haji pada 14 Juni 2022 dan akan berangkat menuju Madinah pada 15 Juni 2022.

Baca juga: Jadwal embarkasi Batam masuk gelombang I dan II keberangkatan haji

"Tanggal 14 Juni jamaah calon haji kita masuk asrama haji dan 15 Juni terbang pada sore hari," ujar dia.

Terkait kedatangan jamaah calon haji dari kabupaten/kota di Kepri, Mahbub mengatakan hal tersebut menjadi tanggung jawab masing-masing pemerintah daerah.

Jamaah calon haji yang datang ke Batam melalui jalur laut, di antaranya Tanjung pinang dan Bintan via Pelabuhan Punggur, Karimun via Pelabuhan Sekupang, dan jalur udara yaitu Anambas dan Natuna via Bandara Hang Nadim.

"Diantar pemda masing-masing. Jamaah dari Tanjungpinang dan Bintan via Punggur, Karimun via Sekupang, Natuna dan Anambas via Hang Nadim," kata Mahbub.

Baca juga: Kepri dapat kuota 586 calon haji reguler dan 118 cadangan

Pengamanan jamaah calon haji setibanya di Batam, Mahbub memastikan akan mendapatkan pengawalan dari pihak kepolisian, Satpol PP serta Dinas Perhubungan setempat.

"Semua akan mengawal, baik polisi maupun Satpol PP dan Dinas Perhubungan," ujar dia.

Sementara itu, menjelang memasuki asrama haji pada 14 Juni 2022, Mahbub menyampaikan belum ada calon haji yang membatalkan keberangkatannya dalam pelaksanaan haji 2022. "Sampai saat ini belum ada yang batal berangkat," kata Mahbub.

Ada empat provinsi yang ikut dalam Embarkasi Batam, yaitu Kepri, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.

Baca juga: Kemenag Kepri: Biaya haji Embarkasi Batam tertinggi kedua di Sumatera

Baca juga: Sandiaga Uno sorot mahalnya harga tiket feri Batam - Singapura

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022