China secara konsisten akan mendukung upaya-upaya Pakistan untuk menjaga kedaulatan dan integritas teritorialnya, serta mendukung pertumbuhan ekonomi negara dan peningkatan mata pencaharian warganya.
Beijing (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Perdana Menteri China Wen Jiabao bertemu dengan Panglima Angkatan Bersenjata Pakistan Jenderal Ashfaq Parvez Kayani, Kamis, dan berikrar untuk mendukung pertukaran erat militer antara kedua negara.

"China secara konsisten akan mendukung upaya-upaya Pakistan untuk menjaga kedaulatan dan integritas teritorialnya, serta mendukung pertumbuhan ekonomi negara dan peningkatan mata pencaharian warganya," katanya.

Wen menyatakan keyakinannya bahwa pemerintah, angkatan bersenjata dan rakyat Pakistan akan bekerja sama untuk mengatasi tantangan yang mereka hadapi dan mencapai lebih banyak perkembangan pesat.

Dalam menghadapi situasi regional dan global yang rumit, China dan Pakistan bertekad memperkuat koordinasi dan menghadapi tantangan bersama-sama untuk memenuhi kepentingan bersama kedua negara, kata Wen menambahkan.

Wen mengatakan, Angkatan Bersenjata Pakistan telah membuat kontribusi penting ke arah menjaga hubungan bilateral dan meningkatkan kerja sama dan kemitraan strategis China-Pakistan.

Ia berjanji untuk mendukung pertukaran militer yang lebih kuat dan kerja sama antara kedua negara.

Kayani, yang saat ini dalam kunjungan enam hari ke China, menyatakan terima kasih atas upaya China untuk membantu pertumbuhan ekonomi Pakistan dan stabilitas sosial, serta dukungan China bagi upaya Pakistan untuk mempertahankan kedaulatan dan integritas teritorial.

Mengembangkan kerja sama kemitraan strategis China-Pakistan merupakan landasan strategi luar negeri kedua negara, kata Kayani.

Angkatan bersenjata Pakistan akan bersikap teguh meningkatkan kerja sama dengan China dan tegas mendukung upaya China untuk mempertahankan kepentingan-kepentingan inti, katanya.

(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012