kita mampu membawa Banda Aceh ke level I PPKM
Banda Aceh (ANTARA) - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyatakan Banda Aceh kembali berada di zona hijau atau kawasan bebas penyebaran COVID-19, hasil itu berdasarkan data resmi yang diterbitkan laman data.covid19.go.id.

"Alhamdulillah, Banda Aceh zona hijau. Ini merupakan pertanda baik, dengan demikian kita bisa melangsungkan kembali kegiatan skala sosial di tengah-tengah masyarakat," kata Aminullah Usman, di Banda Aceh, Kamis.

Aminullah mengatakan, perubahan status tersebut karena sejak sebulan terakhir tidak ada lagi penambahan kasus COVID-19 baik itu positif, dalam perawatan dan meninggal dunia di Banda Aceh.

Hasil ini, kata Aminullah, menjadi salah satu kesuksesan Pemko Banda Aceh dan stakeholder lainnya dalam meriah masyarakat untuk menangani COVID-19 bersama-sama.

“Berkat kerja keras semua pihak, mulai dari tenaga kesehatan hingga TNI/Polri, kita mampu membawa Banda Aceh ke level I PPKM. Masyarakat Banda Aceh yang berhasil mencakup vaksinasi di atas rata-rata dan tertinggi di Aceh," ujarnya.

Baca juga: Satgas: Sebulan lebih Banda Aceh nihil penambahan kasus COVID-19
Baca juga: Dinkes: Vaksin anak terhambat akibat stok Sinovac menipis di Aceh

Sementara itu, Wakil Sekretaris Satgas COVID-19 Banda Aceh Rizal Abdillah menyebutkan, secara kumulatif kasus di Banda Aceh sejak COVID-19 melanda bertahan pada angka 9.626 orang, diantaranya 9.285 dinyatakan sembuh dan 341 meninggal dunia.

Rizal menyampaikan, selama ini pemerintah Banda Aceh tidak pernah berhenti melakukan pemeriksaan COVID-19 terhadap warganya di rumah sakit serta beberapa laboratorium lainnya.

Sedangkan untuk capaian vaksinasi, lanjut Rizal, sampai dengan hari ini telah mencapai 235.540 orang dosis pertama atau 123,78 persen dari target 190.289 orang.

"Alhamdulillah dari jumlah tersebut 172,689 dosis kedua, atau sebesar 90,75 persen," demikian Rizal Abdillah.

Baca juga: Dinkes sebut 557.417 warga Aceh sudah terima vaksin penguat

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022