Saat ini ada delapan ilmu dalam program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis, dan FKG Unhas menjadi salah satu Institusi Penyelenggara Pendidikan terlengkap dalam bidang ilmu Pendidikan Dokter Gigi Spesialis.
Makassar (ANTARA) - Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) melakukan visitasi dalam rangka pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi pada Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Tim yang melakukan visitasi dari KKI yakni Prof Dr drg Melanie Hendriaty Sadono, M Biomed, PBO (Ketua Konsil Kedokteran Gigi), drg Achmad Syukrul Amin MM (Ketua Divisi Pendidikan Kedokteran Gigi) dan drg Nadhyanto, Sp Pros selaku Anggota Divisi Pendidikan Kedokteran Gigi.

Prof drg. Melanie Hendriaty Sadono, dalam keterangannya di Makassar, Kamis, mengatakan tugas dan fungsi KKI secara umum yakni bertanggungjawab melakukan standarisasi kedokteran gigi untuk menghasilkan luaran yang sesuai kompetensi.

"Kegiatan ini akan menghasilkan sesuatu yang positif, baik bagi Unhas maupun dunia kedokteran gigi dalam rangka menghadapi persaingan yang semakin ketat pada masa mendatang," jelas Prof Melanie.

Dekan FKG Unhas Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD, SpBM (K), mengucapkan terima kasih atas kesediaan Tim KKI melakukan visitasi.

Dirinya menjelaskan secara umum kesiapan FKG dalam menghadirkan prodi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi.

“Sebagai penyelenggara pendidikan, para pimpinan Unhas memberikan motivasi yang tinggi kepada kami terkait pengembangan prodi di FKG Unhas serta yang terkait dengan pengembangan sumber daya manusia dalam bidang kesehatan gigi dan mulut yang handal,” jelasnya.

Saat ini ada delapan ilmu dalam program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis, dan FKG Unhas menjadi salah satu Institusi Penyelenggara Pendidikan terlengkap dalam bidang ilmu Pendidikan Dokter Gigi Spesialis.

Pembukaan prodi ini untuk memperlihatkan eksistensi profesi dokter gigi. Beliau mengharapkan dukungan dari KKI untuk pembukaan dan pengembangan PPDGS Radiologi Kedokteran Gigi serta pengembangan Prodi lainnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof Dr Ir Muh Restu MP, mengatakan Unhas sangat merespon positif dan memberikan dukungan penuh terhadap upaya peningkatan dan pengembangan kualitas pembelajaran.

FKG Unhas merupakan salah satu fakultas yang berkontribusi besar bagi kemajuan Unhas. Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, FKG Unhas telah membuka empat prodi spesialis.

"Pengembangan prodi pada tingkat spesialis, magister, maupun doktor merupakan bentuk keterlibatan dan peran Unhas untuk bersama-sama mempersiapkan dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas baik skala lokal, nasional maupun internasional," jelas Prof Restu.
Baca juga: FKG Unhas gelar konferensi internasional ICoBTD bahas teknologi baru
Baca juga: Unhas dan University Terengganu kolaborasi pasta gigi tulang ikan
Baca juga: FKG Unhas gelar Temu Ilmiah dan Konferensi Internasional

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022