Jakarta (ANTARA) - Bank Mandiri menegaskan komitmennya untuk membina olahraga basket nasional agar bisa terus menorehkan prestasi dalam berbagai pertandingan di tingkat internasional.
 
Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan perseroan memberikan apresiasi atas prestasi gemilang yang ditorehkan Timnas Basket Putra di ajang SEA GAMES 2021 di Vietnam beberapa waktu lalu.
 
"Sebagai korporasi yang konsisten mendukung pengembangan olahraga bola basket di Indonesia dalam tiga tahun terakhir, Bank Mandiri sangat bersyukur dengan prestasi bersejarah ini," kata Darmawan di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis.
 
"Tak hanya itu, prestasi membanggakan juga diraih Timnas Basket Putri yang meraih medali perak setelah mengalahkan Singapura, dan tim basket putri yang memperoleh medali perunggu untuk pertandingan 3x3," tambahnya.
 
Bentuk dukungan Bank Mandiri dalam pengembangan industri bola basket nasional, di antaranya melalui pelaksanaan Indonesian Basketball League (IBL) serta Liga Mahasiswa 2021 dan 2022, serta dana pembinaan sebesar Rp5 miliar.
 
Di sisi lain, Bank Mandiri juga mendukung aktif pelaksanaan festival basket 2022 yang menjadi road to FIBA Asia Cup yang diikuti kegiatan coaching clinic serta melakukan perbaikan sejumlah lapangan basket publik untuk meningkatkan animo pencinta basket.
 
Darmawan menyampaikan penghargaan itu sangat layak diberikan kepada Timnas Basket Putra Indonesia karena berhasil mengukir sejarah merebut medali emas pertama sejak penyelenggaraan SEA GAMES pertama pada 1977.
 
Apalagi tim yang dikalahkan adalah Filipina, raja basket Asia Tenggara yang selalu masuk partai final sejak 1977 dan hanya tiga kali kalah, yakni dari Malaysia (1979 dan 1989) serta Indonesia (2022).
 
Darmawan berharap agar apresiasi ini juga dapat memotivasi Timnas Basket yang akan berlaga di ajang FIBA Asia Cup agar terus membukukan prestasi membanggakan.
 
"Tak lupa kami juga berdoa bagi Timnas Basket yang akan berlaga di ajang FIBA Asia Cup agar bisa meraih kemenangan dan lolos ke FIBA World Cup 2023," ujarnya.
 
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa Kementerian BUMN fokus mendukung pengembangan olahraga nasional pada 17 cabang olahraga sesuai dengan cetak biru olahraga Indonesia.
 
Ia pun berharap olahraga nasional bisa lebih dewasa dan para atlet bisa terus meningkat kemampuan secara bersama-sama untuk meraih prestasi dalam berbagai pertandingan.

Baca juga: Mandiri masuk daftar bank terbaik di dunia versi Forbes
Baca juga: Laba Bank Mandiri triwulan I tumbuh 70 persen jadi Rp10 triliun
Baca juga: Raih emas, basket putra Indonesia cetak sejarah di SEA Games

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022