Moskow (ANTARA News/Itar-Tass) - Presiden Federasi Rusia Dmitry Medvedev dan Presiden Republik Islam Iran Mahmud Ahmadinejad Kamis melakukan percakapan telepon mengenai prakarsa pihak Iran, kata dinas layanan pers Kremlin.

Kedua kepala negara itu membahas masalah-masalah penting saat ini mengenai perkembangan kerja sama bilateral pada tahun 2012.

Kedua presiden bertukar pandangan tentang masalah-masalah regional.

Kedua pihak menyatakan dukungan untuk meningkatkan upaya-upaya menguraikan Konvensi tentang Status Hukum Laut Kaspia, dan solusi terhadap masalah Kaspia, termasuk ekologi, perikanan, dan lain-lain.

Pentingnya penerapan kesepakatan dicapai pada Konferensi Tingkat Tinggi Kaspia Ketiga di Baku ini ditunjukkan dalam hubungan ini.

Adapun tentang situasi Timur Tengah, yang merupakan subjek perhatian serius bagi masyarakat seluruh dunia, Medvedev dan Ahmadinejad menyatakan keyakinan adanya kemungkinan untuk memecahkan masalah wilayah tersebut, termasuk situasi di Suriah, secara eksklusif dengan metoda politik, melalui pembentukan dialog antara semua pihak yang bersangkutan.

Dukungan itu diungkapkan untuk upaya yang dilakukan dalam kerangka Perserikatan Bangsa-Bangsa, regional dan organisasi-organisasi internasional lainnya dalam mencapai tujuan ini.

Dmitry Medvedev menunjukkan dengan puas penilaian positif oleh Presiden Iran atas prakarsa Rusia: rencana untuk restorasi tahap-demi-tahap kepercayaan dalam program nuklir Iran.

Para pihak sepakat untuk melanjutkan konsultasi-konsultasi tentang masalah tersebut. (H-RN)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012