Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan balap Formula E seri sembilan bakal di gelar di Sirkuit Internasional Formula E Jakarta (JIEC), Ancol, Sabtu (4/6) dan DHL sebagai salah satu sponsor mengaku bangga bisa mendukung pelaksanaan kejuaraan yang baru pertama kali digelar di Indonesia itu.

"Kami sangat senang dengan adanya balapan Formula E di Jakarta. Pendekatan transportasi memaksimalkan efisiensi dan mengurangi emisi CO-2, semakin mendorong agenda hijau yang lebih jauh untuk Formula E dan DHL," kata President Director DHL Global Forwarding Indonesia, Vincent Yong dalam keterangan resminya, Kamis.

Sebagai mitra pendiri dan logistik resmi untuk Formula E, DHL bekerja sama dengan tim DHL Motorsports melalui solusi logistik "end-to-end" untuk pengiriman mobil balap elektrik untuk Kejuaraan Dunia yang pertama kali di Indonesia itu.

DHL mengirimkan mobil balap, baterai dan unit pengisian daya, serta peralatan media dan penyiaran ke Jakarta, Indonesia, selain juga turut menyediakan layanan kepabeanan dan pemeriksaan fisik, pengantaran dengan truk, serta forklift dan peralatan dengan standar tinggi.

Baca juga: Aksi Nyck de Vries tunjukkan kebolehan "drifting" di Monas

Selain kemitraan logistik, kerja sama DHL dengan Formula E adalah “Legacy Program” DHL, dengan kegiatan seperti penanaman pohon, mural seni jalanan kota yang menggunakan cat penyerap karbon hingga proyek “FIA Girls On Track”, dengan aktivitas di dalam dan di luar trek untuk memperkenalkan potensi berkarier di dunia motorsports bagi wanita muda (8-18 tahun).

"DHL telah menjadi mitra integral Formula E sejak awal. Mengangkut barang adalah hal yang mendasar bagi pelaksanaan Formula E dan DHL terus melakukannya dengan semangat untuk mendorong langkah-langkah berkelanjutan baru yang memiliki relevansi di seluruh industri logistik,” kata CEO Formula E Jamie Reigle.

Bila merujuk pada laman web https://www.fiaformulae.com ada beberapa jenis sponsor balapan mobil listrik atau Formula E tersebut, di antaranya sponsor utama, global, teknis hingga partner biasa.

Adapun sponsor itu adalah ABB, Julius Bar, Michelini, Tag Heuer, DHL, Saudia, Allianz, Bosch, Heineken, enelxway, Boss, Antofagasta Minerals, Moet & Chandon, Cooper.co

Baca juga: 140 UMKM diberdayakan saat Formula E Jakarta

Sebagai tuan rumah, banyak pula sponsor dari Indonesia yang terlibat langsung dalam balapan mobil listrik di bawah FIA itu.

Sponsor itu terdiri dari berbagai industri di antaranya bank, perusahaan kosmetika, perusahaan penyedia layanan telekomunikasi, perusahaan elektronik, otomotif hingga perhotelan.

Baca juga: Polda Metro imbau masyarakat hindari Ancol saat Formula E berlangsung

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022