Jakarta (ANTARA) - Pembangunan saluran keluar (outlet) Waduk Cawang RW 01 Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, telah mencapai 55 persen.

Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Drainase dari Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri mengatakan, semua proses pembangunan berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

"Alhamdulillah, 47 'box culvert' dan 32 meter pengerjaan batu kali telah terpasang," kata Tengku Saugi Zikri di Jakarta, Jumat.

Saugi menambahkan, pembangunan Waduk Cawang itu dilakukan sebagai pencegahan genangan dari saluran Jalan Dewi Sartika dan Apartemen Signature Park menuju Waduk Cawang lalu Kali Ciliwung.

Pihaknya mengerahkan sebanyak dua alat berat jenis "wheel excavator" ukuran medium dan "excavator long arm" serta pompa dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur.

Dia menjelaskan, terdapat dua pengerjaan pembangunan saluran "outlet" Waduk Cawang tersebut yang terdiri atas pemasangan beton pracetak bersegi empat (box culvert) sepanjang 87 meter dan batu kali 50 meter dengan jumlah pengerjaan 137 meter.

Ditargetkan pembangunan Waduk Cawang selesai pada akhir Juni ini guna mengantisipasi banjir yang terjadi di lingkungan warga RT 004 dan RT 005 RW 01 Kelurahan Cawang.

"Kita lakukan percepatan, sehingga penanggulangan banjir di Jakarta Timur dapat terealisasikan demi kenyamanan masyarakat," ujar Saugi.
Baca juga: Sudin SDA Jaktim tambah alat berat untuk percepat bangun Waduk Cawang
Baca juga: Sudin SDA Jaktim mulai bangun saluran Waduk Cawang

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022