Jakarta (ANTARA) - Boston Celtics mencuri Gim 1 Final NBA dari Golden State Warriors lewat momentum yang mereka dapatkan di kuarter keempat untuk meraih kemenangan 120-108 di Chase Center, California, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Warriors sukses meredam bintang utama Celtics, Jayson Tatum, yang hanya mampu mencapai tingkat konversi percobaan terbuka 17,6 persen dan cuma diizinkan mencetak 12 poin serta mengirimkan 13 assist.

Namun, pemain gaek Al Horford muncul jadi bintang kemenangan Celtics lewat 26 poin, diikuti Jaylen Brown yang mencetak 24 poin, Derrick White 21 poin, dan Marcus Smart 18 poin.

Baca juga: Celtics sisihkan Heat demi tantang Warriors di Final NBA
Baca juga: Jayson Tatum raih trofi MVP final Timur NBA


Stephen Curry memborong 34 poin untuk tuan rumah, Andrew Wiggins menambahkan 20 poin, Klay Thompson memperoleh 15 poin, dan Otto Porter Jr. 12 poin, tapi semua itu tak cukup menghindarkan Warriors dari kekalahan, demikian catatan situs resmi NBA.

Skor ketat berlangsung di paruh pertama pertandingan di mana Warriors lebih banyak memimpin tapi selisih terjauh hanyalah 10 poin.

Bahkan Celtics mampu berbalik memimpin tipis 56-54 saat menutup kuarter kedua berkat dua lemparan bebas yang dimanfaatkan Tatum.

Warriors menjauh di kuarter ketiga berkat rentetan poin 12-6 untuk menciptakan jarak relatif nyaman 87-72 pada sisa waktu dua menit 10 detik sebelum menutup periode itu dengan keunggulan 92-80.

Celtics memasuki kuarter keempat dengan mengemas sembilan poin tanpa balas dalam satu setengah menit awal untuk memangkas jarak menjadi 89-92 ditutup sebuah layup dari Payton Pritchard.

Momentum Celtics berlanjut dengan raupan poin 20-2 ditutup sebuah tripoin dari Smart yang membuat mereka berbalik unggul 117-103 pada sisa waktu satu menit 44 detik.

Skor itu jadi pijakan penting bagi Celtics untuk mengunci kemenangan 120-108 sebagai bekal positif menyongsong Gim 2 yang akan kembali dimainkan di Chase Center pada Minggu (5/6) waktu setempat.

Baca juga: Warriors dapat suntikan kabar baik dari tiga pemain jelang Final NBA
Baca juga: LeBron James kini berstatus miliarder

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022