Jakarta (ANTARA) -
Jamaah calon haji dalam kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Jakarta yang meliputi 389 orang masuk ke Asrama Haji Pondok Gede Jakarta pada Jumat.

Kedatangan mereka disambut oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latif.

"Mari bapak/ibu, kita sama-sama meneriakkan 'Mabrur, Sehat, Barokah'," katanya kepada jamaah sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian yang diterima di Jakarta, Jumat.

Ia menekankan pentingnya kesehatan dalam pelaksanaan ibadah haji.

"Saya yakin jamaah yang masuk hari ini sehat-sehat dan terbebas dari COVID-19. Saya lebih baik keras di sini demi melindungi semua jamaah haji," katanya.

Hilman juga mengatakan bahwa pemerintah sudah punya sistem data digital jamaah haji, yang antara lain mencakup data keberangkatan dan pemulangan jamaah haji.
 
"Proses digitalisasi dokumen saat ini dilakukan guna membantu proses visa dan paspor selesai lebih cepat, sehingga ada akselerasi pelayanan," katanya.

Jamaah calon haji kloter pertama Embarkasi Jakarta dijadwalkan diberangkatkan ke Arab Saudi dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada Sabtu, 4 Juni 2022, pukul 06.45 WIB.

Mereka diperkirakan tiba di Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madinah pada pukul 12.10 waktu Arab Saudi.

Baca juga:
Kelompok terbang pertama jamaah calon haji masuk ke asrama hari ini

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022