Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan tanaman sorgum merupakan alternatif pangan yang aman bagi kesehatan serta memiliki kandungan protein cukup tinggi.

"Tidak seperti kebanyakan biji-bijian, sorgum tidak mengandung gluten. Mereka yang alergi gluten, aman untuk mengonsumsi makanan ini," kata Moeldoko dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikan Moeldoko usai dirinya mendampingi Presiden Joko Widodo memanen tanaman sorgum di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (2/6).

Dia menambahkan sorgum juga memiliki kandungan gula rendah sehingga aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

"Seratnya yang tinggi juga membuat sorgum baik dikonsumsi untuk mereka yang sedang berdiet karena kenyangnya lebih tahan lama, jadi tidak mudah lapar," katanya.

Sorgum memiliki kandungan protein cukup tinggi pula, sehingga dapat memenuhi kebutuhan protein harian masyarakat. Sorgum merupakan tanaman biji-bijian yang memiliki daya tahan kuat.

Tanaman sorgum pun mampu bertahan di lahan kritis dan marjinal dengan sedikit air. Sehingga, tanah yang sebelumnya terbengkalai bisa diubah menjadi lahan produktif untuk tanaman sorgum.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Sumba Timur, Kamis (2/6), Presiden Jokowi dan Moeldoko ikut memanen sorgum bersama petani setempat.

Baca juga: Moeldoko: Sudah saatnya sorgum dibudidayakan secara luas
Baca juga: Presiden Jokowi ingin perluas tanam sorgum di NTT kurangi impor gandum

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022