Terkait penggunaan energi, target kami adalah untuk mencapai 100 persen penggunaan energi dari sumber terbarukan
Jakarta (ANTARA) - Multi Bintang Indonesia produsen dari merek bir BINTANG dan Heineken di Indonesia meraih penghargaan untuk empat kategori sekaligus pada ajang Sustainable Business Awards (SBA) 2020/2021.

Adapun empat kategori yang dimenangkan adalah Sustainability Strategy, Water Management, Workforce dan Energy Management.

“Merupakan kehormatan bagi kami untuk bisa mendapatkan pengakuan pada empat kategori ini. Meskipun pada 2021 kita semua masih berada di tengah pandemi, komitmen kami terhadap keberlanjutan tidak berubah, dan kami bangga telah mampu memanfaatkan periode ini sebagai momentum untuk menuju tahap berikutnya dan menciptakan dampak positif yang lebih besar lagi bagi lingkungan dan sesama,” kata Direktur Corporate Affairs Multi Bintang Indonesia Ika Noviera dalam keterangannya, Jumat.

Penghargaan SBA sendiri merupakan bentuk apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai telah menjadi yang terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan dan telah berhasil menggabungkan prinsip tersebut ke dalam strategi jangka panjang bisnis mereka.

Baca juga: Kolaborasi komunitas seni mampu ciptakan ekosistem berkelanjutan

Komitmen Multi Bintang Indonesia terhadap keberlanjutan mengacu kepada strategi global Brew A Better World 2030 dari HEINEKEN dan terbagi ke dalam tiga area fokus, yaitu Environmental (Tanggung Jawab Lingkungan), Social (Tanggung Jawab Sosial), dan Responsible (Konsumsi yang Bertanggung Jawab), yang diterapkan secara terintegrasi di semua fungsi dalam perusahaan.

Salah satu prioritas di bawah pilar Environmental adalah upaya Multi Bintang Indonesia terkait konservasi air, yang dilakukan dari hulu ke hilir. Mulai dari pengolahan dan penggunaan kembali air limbah di brewery melalui Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Effluent Reclamation Plant (ERP), reforestasi di area-area sumber air, hingga berbagai riset dan pengawasan terhadap kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS).

Selain pengelolaan sumber daya air, energi menjadi satu lagi prioritas dalam upaya keberlanjutan Multi Bintang Indonesia. Perusahaan memiliki ambisi untuk mencapai karbon netral melalui penggunaan energi terbarukan dan memaksimalkan efisiensi energi.

Saat ini 28 persen dari energi yang digunakan dalam proses produksi Multi Bintang Indonesia berasal dari sumber terbarukan, seperti penggunaan biomassa yang memanfaatkan sekam padi dari sawah di sekitar brewery.

“Fasilitas ERP yang digunakan di brewery Multi Bintang Indonesia dibangun pada 2017, dan merupakan yang pertama di jaringan perusahaan HEINEKEN di seluruh dunia. Terkait penggunaan energi, target kami adalah untuk mencapai 100 persen penggunaan energi dari sumber terbarukan di proses produksi pada 2025,” kata Ika.

Baca juga: Empat tren sustainable fashion sepanjang 2021

Tidak hanya terkait lingkungan, Multi Bintang Indonesia juga melakukan serangkaian inisiatif terkait ketenagakerjaan, khususnya untuk memberikan dukungan yang diperlukan para karyawan selama pandemi. Perusahaan menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat secara menyeluruh di semua lokasi kerja, termasuk bagi para frontliners dan mereka yang bekerja dari rumah.

Dukungan untuk menjaga kesehatan fisik juga dilengkapi dengan sarana untuk menjaga kesehatan mental, dengan penyediaan platform layanan konseling dengan psikolog yang dapat diakses oleh setiap karyawan kapan pun dan di mana pun.

“Semua ini tidak akan dapat terwujud tanpa dukungan dari para mitra kami dalam menjalankan berbagai inisiatif tersebut. Kami percaya bahwa melalui kolaborasi, kita semua dapat meningkatkan skala upaya kita dan menciptakan dampak secara lebih luas. Oleh karena itu tahun ini kami juga meluncurkan serangkaian kegiatan untuk membuka pintu kolaborasi lebih lebar lagi, bagi siapa pun yang ingin menginspirasi dunia yang lebih baik bersama kami. Informasi lebih detail akan kami bagikan dalam beberapa minggu ke depan,” tutup Ika.

Baca juga: Sandiaga sebut peran penting sektor pariwisata wujudkan ekonomi hijau

Baca juga: Michelin kedepankan misi berkelanjutan & inovasi baru dalam Formula E

Baca juga: Modifikasi gaya hidup bebas tembakau dukung lingkungan berkelanjutan

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022